Selasa, 30/04/2024 - 05:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

BI Gandeng Masjid Istiqlal Tumbuhkan Literasi Halal Lifestyle di Jakarta   

ADVERTISEMENTS

Kantor Perwakilan BI Provinsi Jakarta menggelar kegiatan Ngabuburit Halal Lifestyle di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Bank Indonesia (BI) bersama Masjid Istiqlal menggelar sosialisasi guna mendorong penguatan literasi halal lifestyle di Wilayah DKI Jakarta, Selasa (2/4/2024) lalu. Sosialisasi itu dilakukan untuk mendukung potensi Indonesia menjadi pusat Ekonomi Syariah terbesar di dunia. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Imam Hartono mengatakan terdapat tiga hal penting untuk menjadikan Indonesia sebagai episentrum ekonomi dan keuangan syariah dunia. Pertama, adalah dengan penguatan ekosistem produk halal. Kedua, penguatan keuangan syariah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Ketiga, penguatan literasi, inklusi, dan halal lifestyle atau gaya hidup halal,” kata dia, Selasa.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Viral Redenominasi Rupiah, Ada Uang Kertas Pecahan 1.0, Apa Kata Bank Indonesia?

Menurut Imam, perlu dukungan untuk mendorong terbentuknya ekosistem halal value chain, khususnya sektor makanan-minuman halal, menguatnya branding modest fashion, dan meningkatnya minat pada pariwisata ramah muslim yang terintegrasi dengan kawasan halal lifestyle. Salah satu dukungan yang dilakukan BI adalah menggelar berbagai macam kegiatan seperti Festival Ekonomi Shariah (FESyar) dan Indonesia Sharia economic Festival (ISEF) yang dilaksanakan setiap tahun.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Ia menjelaskan, ekosistem halal akan menjadi game changer bagi perekonomian di Indonesia. Pasalnya, terdapat banyak ekosistem halal yang ada di Indonesia, seperti keuangan syariah, makanan dan minuman halal, modest fashion, pariwisata ramah muslim, serta farmasi dan kosmetik.

Karena itu, Imam mengajak seluruh jamaah untuk saling memotivasi dan bersinergi meningkatkan literasi keuangan syariah di Indonesia. “Mari kita bergandengan tangan memperkuat jalinan ukhuwah dan bersama-sama meningkatkan literasi ekonomi syariah masyarakat, mendukung penguatan ekosistem syariah, demi kemajuan dan keberkahan perekonomian umat, bangsa dan negara,” kata dia. 

Berita Lainnya:
Jokowi Minta Cina Investasi di IKN

Kepala Bidang Riayah Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Ismail Cawidu mengatakan, Masjid Istiqlal Jakarta turut berperan aktif dalam mendukung inisiatif penguatan ekosistem halal melalui peningkatan literasi halal lifestyle. Selain itu, pihaknya bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) juga mendorong sertifikasi halal Bagi UMKM.

“Kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas dukungan BI melalui program Amaliyah Ramadhan kepada Masjid Istiqlal,” kata dia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi