Selasa, 30/04/2024 - 03:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Harga Daging Saat Meugang Idul Fitri di Sabang Capai Rp 200 Ribu per Kg

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH — Dinas Pangan dan Pertanian Kota Sabang menyatakan sebanyak 48 ekor ternak sapi dan kerbau telah disembelih pada tradisi meugang menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di kota setempat. Harga daging saat ini di wilayah tersebut mencapai Rp 200 ribu per kilogram.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan meugang menjelang Ramadhan maupun Lebaran memang sudah menjadi tradisi turun-temurun di tengah masyarakat Aceh, yakni memasak daging sapi maupun kerbau untuk dimakan bersama keluarga sebelum Idul Fitri maupun Idul Adha. “Hari ini kita memantau pelaksanaan meugang di pasar daging musiman di kawasan Malahayati. Ada sekitar 21 ekor, terdiri dari 19 sapi dan dua kerbau yang disembelih hari ini, dengan harga rata-rata Rp180-200 ribu per kilogramnya,” kata Reza di Kota Sabang, Selasa (9/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Masyarakat tumpah ruah berburu daging baik di meugang pertama (8/4/2024) dan meugang kedua pada hari ini jelang Lebaran. Kendati demikian, Reza memastikan pelaksanaan meugang tersebut berjalan dengan lancar di daerah Pulau Weh.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Imam Al Ghazali Juga Sampaikan Prinsip Ekonomi dan Hakikat Kekayaan, Ini Penjelasannya
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kenaikan harga tersebut dinilai normal pada pelaksanaan meugang menjelang hari raya, karena permintaan daging yang juga meningkat.  “Secara umum kita liat meugang hari ini lancar, semua masyarakat dapat membeli daging dengan mudah, stoknya juga tersedia. Walaupun dari sisi harga ada kenaikan, tapi masih bisa dijangkau masyarakat,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Sabang Hariadi mengatakan pada tradisi meugang lebaran Idul Fitri kali ini, keseluruhan terdapat 48 ekor sapi dan tiga ekor kerbau yang disembelih di Sabang. “Meugang pertama sudah ada 27 ekor sapi dan satu ekor ekor kerbau yang disembelih. Kemudian pada meugang ke dua ini menyusul 21 ekor sapi dan dua ekor kerbau, Jadi ada total 41 ekor ternak yang disembelih,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
400 Ribuan Kendaraan Masuk ke Jabodetabek pada H+1 Lebaran

Pada meugang pertama dan kedua terdapat 20 orang yang berjualan daging, yang tersebar di beberapa titik yakni di Jalan Malahayati Kuta Barat, Cot Ba U, Ie Meulee dan Balohan. Ia menjelaskan kualitas daging terjamin bagus, karena pihaknya sudah memeriksa dengan seksama, mulai dari surat kesehatan dan kondisi ternak baik sebelum maupun sesudah disembelih. 

Namun begitu, pihaknya juga menemukan kasus cacing hati (fasciola hepatica) pada tiga ekor ternak. Tentu dengan sigap diamankan dan langsung dimusnahkan. “Semua ternak tersebut, tentunya sudah kami cek sebelum maupun sesudah disembelih, walaupun ada ditemukan cacing hati pada hati ternak, tapi Alhamdulillah sudah kita amankan, ternak lainnya juga dalam kondisi sehat, Insya Allah semuanya sudah aman,” kata dia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi