Selasa, 30/04/2024 - 03:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Idul Fitri 1445 Hijriyah, BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan 

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di pagi hari dan dapat disertai dengan petir serta angin kencang.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Berdasarkan laman BMKG yang dipantau di Jakarta pada Rabu (10/4/2024) dini hari, hujan diprakirakan turun di sejumlah wilayah di Indonesia dengan beberapa provinsi berstatus waspada akibat dari dampak hujan yang lebat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Beberapa provinsi tersebut ialah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Bengkulu, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, hingga Kalimantan Timur.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Selain itu, BMKG juga memprakirakan beberapa wilayah di provinsi Papua, Papua Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Jambi berstatus waspada akibat dari dampak hujan yang sangat lebat.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta, beberapa wilayah mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari, yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kepulauan Seribu. Adapun untuk wilayah Jakarta Pusat dan Utara, BMKG memprakirakan dua wilayah tersebut hanya akan mengalami cuaca berawan di pagi hari.

Berita Lainnya:
KCIC Operasikan 52 Perjalanan Whoosh Per Hari pada Awal Libur Lebaran 2024

Memasuki siang hari, seluruh wilayah DKI Jakarta akan serentak mengalami hujan, baik dengan intensitas ringan maupun sedang. BMKG memprakirakan hujan di DKI Jakarta akan berhenti dan hanya akan mengalami cuaca berawan pada malam hari

Sebelumnya pada Kamis malam (4/4/2024), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi terjadinya cuaca ekstrem selama arus perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 2024 di wilayah Jawa Timur hingga beberapa daerah di Indonesia bagian timur berpotensi meningkat seiring timbulnya keberadaan bibit siklon 96S.

“Bibit siklon 96S tersebut teridentifikasi timbul berpusat di sekitar Laut Sawu,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto saat dikonfirmasi dari Karawang, Jawa Barat, Kamis.

Ia menjelaskan, bibit siklon 96S itu mempengaruhi kecepatan angin maksimum berkisar 28-37 kilometer per jam dengan tekanan pada pusatnya sekitar 1.007 mb.

Berita Lainnya:
Mahfud Buka Suara: Prabowo Bisa Dilantik, Gibran Didiskualifikasi karena Cacat Prosedur!

Berdasarkan analisa BMKG diketahui pergerakan angin maksimum akibat tekanan yang ditimbulkan mengarah ke arah barat daya hingga selatan atau menjauhi perairan selatan Nusa Tenggara Timur. Dengan kondisi demikian maka, menurut dia, sistem bibit siklon 96S tersebut meningkatkan potensi risiko sedang hingga tinggi dalam periode dua atau tiga hari ke depan.

Pihaknya memprediksi siklon akan meningkatkan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

Guswanto menambahkan bahwa signifikansi kondisi cuaca di wilayah Indonesia ini juga didukung oleh Aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial masih terpantau dan diprediksi aktif di wilayah Indonesia dalam periode yang bersamaan. Termasuk, suhu muka laut yang hangat juga berperan dalam menyediakan kondisi yang mendukung pertumbuhan awan hujan signifikan di wilayah Indonesia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi