Selasa, 30/04/2024 - 05:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Habis Makan Banyak Saat Lebaran, 6 Hal Ini Perlu Anda Lakukan

ADVERTISEMENTS

Makan bersama (ilustrasi). Makan berlebih dapat memunculkan keluhan-keluhan yang membuat tubuh merasa tidak nyaman.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Sajian khas Lebaran memang sangat menggugah selera dan sulit untuk diabaikan. Tak heran bila banyak orang yang cenderung makan berlebih ketika merayakan Lebaran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Persoalannya, makan berlebihan bisa memunculkan sejumlah dampak negatif bagi tubuh. Dalam jangka pendek misalnya, Cleveland Clinic mengungkapkan bahwa makan berlebih dapat memunculkan keluhan-keluhan yang membuat tubuh merasa tidak nyaman, seperti refluks asam, kembung dan bergas, sensasi terbakar pada dada, mual, sakit perut, hingga merasa lesu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Rasa tidak nyaman dari makan berlebih ini biasanya baru mulai terasa membaik sekitar beberapa jam kemudian,” ungkap Cleveland Clinic melalui laman resminya, seperti dikutip pada Rabu (10/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Praktisi Kesehatan Sebut Kasus Infertilitas Banyak di Daerah Maju

Bila sudah telanjur makan berlebih dan rasa tidak nyaman mulai muncul, ada beberapa hal yang bisa membantu meringankan keluhan-keluhan tersebut. Berikut ini adalah enam hal di antaranya, seperti dilansir WebMD.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Jalan Santai

Meski sedang merasa tak nyaman, coba lakukan jalan kaki santai. Jalan kaki dapat membantu menstimulasi pencernaan dan bahkan menurunkan kadar gula darah yang melonjak akibat makan berlebih.

Bersepeda santai juga bisa menjadi alternatif lain yang dapat membantu. Akan tetapi, jangan melakukannya terlalu intens. Aktivitas fisik yang terlalu berat justru dapat membuat aliran darah lebih berpusat pada kaki daripada perut, sehingga proses pencernaan akan melambat.

Berita Lainnya:
Bangun untuk Sholat Subuh, Ini Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Minum Air putih

Biasakan minum segelas air putih setelah menyantap makanan dalam porsi besar. Asupan air putih ini bisa membantu tubuh membuang garam berlebih dari makanan yang baru saja dikonsumsi.

Selain itu, asupan air putih juga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit akibat makan berlebih. Akan tetapi, jangan meminum air terlalu banyak setelah makan besar karena hal tersebut bisa memunculkan rasa mual.

Teh Herbal

Menikmati teh herbal setelah makan dalam porsi besar bisa membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi gas di dalam pencernaan. Beberapa contoh teh herbal yang dapat membantu adalah teh peppermint, teh kamomil, atau teh jahe.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi