Senin, 20/05/2024 - 04:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Jokowi Pastikan akan Perpanjang Izin Ekspor PT Freeport

 JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut akan memperpanjang izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI). Izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport diketahui akan berakhir pada Mei 2024.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Ya terus dong, ya diperpanjang. Hanya kita ini masih berhitung mengenai dikenakan berapa,” kata Jokowi di Pasar Baru Karawang, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Meski demikian, Jokowi tak menyampaikan berapa lama perpanjangan izin diberikan. Namun menurutnya, pemberian relaksasi ekspor konsentrat tembaga untuk menghargai pembangunan smelter oleh PT Freeport dan Amman Mineral.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Tapi yang satu juta kita hargai Freeport maupun Amman mineral, itu telah membangun smelter dan sudah selesai hampir 100 persen. Kita kita ikuti minggunya pembangunan sampai berapa persen, berapa persen,” kata Jokowi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Jokowi mengatakan, pembangunan smelter oleh Freeport dan Amman Mineral menunjukan keinginan untuk melakukan hilirisasi di dalam negeri. Upaya kedua perusahaan tambang itu pun dinilainya harus dihargai.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Jusuf Kalla Tinjau Peleburan Nikel di Smelter Luwu

“Ya itu urusannya pak menteri perdagangan. Tapi saya kira dengan selesainya smelter itu menunjukkan keinginan kuat mereka untuk hilirisasi, untuk downstreaming di dalam negeri. Saya kira itu bagus sekali dan itu harus dihargai loh ya,” kata Jokowi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebelumnya, Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengatakan saat ini progres pembangunan smelter Gresik mencapai 94 persen. Pada Mei ini, ditargetkan akan selesai pembangunannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Sekarang sudah 94 persen, Mei ini selesai. Nanti mulai beroperasi pada Juni. Namun, baru bisa memproduksi katoda tembaganya pada Agustus,” kata Tony saat ditemui di rumah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Rabu (10/4/2024).

ADVERTISEMENTS

Namun, Tony memastikan pada 2024 secara bertahap pabrik pemurnian tembaga tersebut sudah bisa beroperasi 100 persen. Tahap awal di Agustus baru bisa dimulai dengan kapasitas 850 ribu ton atau sekitar 50 persen dari kapasitas produksi.

ADVERTISEMENTS

Smelter tembaga ini akan menjadi smelter single line terbesar di dunia dengan kemampuan memurnikan konsentrat tembaga berkapasitas produksi 1,7 juta ton dan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.

Berita Lainnya:
Freeport Diminta Tuntaskan Mekanik Smelter untuk Relaksasi Ekspor

Produksi emas di smelter PTFI Gresik ini mencapai 50 ton per tahun dan 150-200 ton perak per tahun. Produk sampingan dari lumpur anoda dalam proses peleburan menghasilkan emas dan perak murni mencapai 6 ribu ton per tahun.

Produk sampingan lainnya, yakni asam sulfat sebanyak 1,5 juta ton per tahun, terak tembaga 1,3 juta ton per tahun, dan gipsum 150 ribu ton per tahun.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi