Senin, 17/06/2024 - 15:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

AS Sayangkan Latihan Militer Cina di Sekitar Taiwan

Jet tempur F-16 Taiwan dikirim ke lokasi yang dirahasiakan di sekitar wilayah udara Taiwan, Jumat, (24/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

WASHINGTON — Amerika Serikat (AS) mengatakan prihatin dengan latihan militer Tentara Pembebas Rakyat (PLA) Cina di Selat dan sekitar Taiwan. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller mengatakan AS memantau aktivitas Cina dan berkoordinasi dengan sekutu dan mitra-mitra AS yang memiliki keprihatinan serupa.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Kami dengan tegas mendesak Beijing untuk menahan diri. Menggunakan transisi normal, rutin dan demokratis sebagai alasan untuk melakukan provokasi militer yang meningkatkan resiko dan mengikis norma-norma selama puluhan tahun menjaga perdamaian dan stabilitas di seluruh Selat Taiwan, yang sangat penting bagi keamanan dan kemakmuran kawasan dan global serta menjadi perhatian dunia internasional,” kata Miller dalam pernyataan yang Republika terima, Sabtu (25/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Amerika Serikat tetap berkomitmen pada kebijakan lama satu Cina, yang dipandu Undang-Undang Hubungan Taiwan, Tiga Komunike Bersama, dan Enam Jaminan,” tambahnya. Sebelumnya dilaporkan militer Cina menggelar latihan perang di sekitar Taiwan sejak Kamis (23/5/2024).

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Menlu Retno Desak Eropa Dorong Implementasi Solusi Dua Negara untuk Palestina

Cina mengatakan latihan yang dianggap bertujuan menekan Presiden Lai Ching-te ini untuk menguji kemampuan mereka “merebut kekuasaan” dan menguasai daerah tersebut. Latihan dua hari di Selat Taiwan dan kepulauan sekitarnya dekat pesisir Cina digelar tiga hari setelah Lai dilantik. Taiwan mengecam langkah Cina tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Cina yang menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya dan menyebut Lai sebagai “separatis” mengecam pidato pelantikannya Senin (20/5/2024) lalu. Dalam pidato itu Lai mengatakan Beijing harus menghentikan ancamannya dan kedua belah pihak “tidak tunduk pada satu dengan yang lain.”

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Dalam pernyataan singkatnya Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan pasukannya melanjutkan latihan yang dinamakan ‘Joint Sword – 2024A.’ “Latihan ini untuk menguji kemampuan bersama merebut kekuasaan, meluncurkan serangan gabungan dan menduduki wilayah-wilayah kunci,” kata Komando Teater Timur, Jumat (24/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Cina tidak pernah membuang kemungkinan menggunakan kekuatan untuk menegaskan kedaulatannya di Taiwan. Angkatan bersenjata Taiwan dimobilisasi untuk memantau dan membayangi pasukan Cina.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Apa yang Terjadi Bila Presiden Iran Meninggal Dunia

Kementerian Pertahanan Taiwan mempublikasikan foto-foto F-16 yang dilengkapi rudal berpatroli di ruang udara Taiwan. Kementerian juga merilis foto-foto kapal penjaga pantai Cina yang turut berpartisipasi dalam latihan gabungan dan kapal kelas corvette Jiangdao, meski tidak mengatakan kapan tepatnya foto-foto itu diambil.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Cina berulang kali menolak tawaran Lai untuk berbicara. Lai menegaskan hanya rakyat Taiwan yang berhak memutuskan masa depan mereka dan menolak klaim kedaulatan Beijing.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Taiwan terbiasa dengan ancaman militer Cina dan latihan terbaru tidak membunyikan alarm peringatan di pulau itu. Kehidupan sehari-hari warga juga berjalan normal.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Di media sosial Cina, Weibo, “Komando Teater” menjadi kata yang paling banyak dicari. Sebagian besar komentar mendukung latihan gabungan itu. Kata “kembalinya Taiwan” menjadi topik lain yang juga banyak diperbincangkan. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَكَانَ لَهُ ثَمَرٌ فَقَالَ لِصَاحِبِهِ وَهُوَ يُحَاوِرُهُ أَنَا أَكْثَرُ مِنكَ مَالًا وَأَعَزُّ نَفَرًا الكهف [34] Listen
And he had fruit, so he said to his companion while he was conversing with him, "I am greater than you in wealth and mightier in [numbers of] men." Al-Kahf ( The Cave ) [34] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi