Selasa, 30/04/2024 - 01:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tren Belanja Melalui Medsos Semakin Populer Selama Pandemi

ADVERTISEMENTS

Sebagian responden mengatakan akan tetap menggunakan Tiktok Shop dan Facebook Shop.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Tren transaksi jual beli melalui media sosial atau social commerce semakin populer. Opsi itu membuat konsumen dapat berbelanja daring secara mudah dan berinteraksi langsung dengan penjual sambil menjelajahi media sosial, tanpa harus berpindah aplikasi. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Dari sisi penjual, social commerce memungkinkan mereka menjangkau calon pelanggan yang lebih luas. Survei yang digagas Populix berupaya meninjau kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan platform social commerce tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Penelitian “The Social Commerce Landscape in Indonesia” dilakukan pada 28 Juli hingga 9 Agustus 2022. Survei dilakukan secara daring melalui aplikasi Populix, di mana 1.020 responden pria dan perempuan berusia 18-55 tahun di Indonesia diminta mengisi kuesioner.

ADVERTISEMENTS


Hasil survei menunjukkan bahwa 52 persen masyarakat Indonesia sudah mengetahui pilihan cara berbelanja social commerce. Dari jumlah orang yang mengetahui, sebanyak 86 persen pernah berbelanja melalui platform media sosial.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Tiktok Shop (45 persen) menjadi platform yang paling sering digunakan di antara responden. Aplikasi media sosial lain yang populer adalah WhatsApp (21 persen), Facebook Shop (10 persen), dan Instagram Shop (10 persen). 

Berita Lainnya:
Batasi Penggunaan Ponsel pada Anak, Usia Berapa Idealnya Anak Punya Akun Medsos?


Mayoritas masyarakat berbelanja pakaian (61 persen), produk kecantikan (43 persen), makanan dan minuman (38 persen), serta handphone dan aksesoris (31 persen). Rata-rata pengeluaran untuk social commerce sekitar Rp 275 ribu setiap bulannya. 


Sebagian besar responden mengatakan akan tetap menggunakan Tiktok Shop dan Facebook Shop, serta mempertimbangkan untuk lebih banyak menggunakan Instagram Shop dalam berbelanja di masa depan. Dari segi pengguna, saat ini, Tiktok Shop merupakan medium yang paling banyak digunakan oleh perempuan.


WhatsApp dan Instagram Shop paling banyak digunakan oleh laki-laki berusia 36-45 tahun. Ke depannya, pengguna Tiktok Shop akan terus didominasi oleh perempuan terutama mereka yang berusia 18-25 tahun di kota-kota kecil di seluruh Jawa. 


Sementara itu, Instagram Shop akan didominasi oleh konsumen dengan SES atas, dan WhatsApp akan lebih banyak digunakan oleh generasi yang lebih senior. Di luar aplikasi media sosial, penggunaan platform khusus social commerce masih minim.


Survei menemukan bahwa 46 persen masyarakat Indonesia masih belum mengetahui tentang platform social commerce. Di antara masyarakat yang sudah mengetahui platform social commerce, 35 persen belum pernah menggunakan platform tersebut.

Berita Lainnya:
Dampak Perceraian tidak Sederhana, Siapkan Diri Sebelum Menikah


Evermos (22 persen), Kitabeli (14 persen) dan Dusdusan (12 persen) adalah tiga platform social commerce yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Dari segi demografi pengguna, sebagian besar pengguna ketiga platform tersebut berasal dari luar Jakarta.


Pengguna Evermos didominasi oleh masyarakat Bandung, Kitabeli didominasi oleh masyarakat Surabaya, dan Dusdusan didominasi oleh warga Semarang. Co-Founder dan CEO Populix, Timothy Astandu, menyebut platform jual beli itu bisa menjadi alternatif pilihan medium berbelanja bagi masyarakat. 


Timothy berpendapat, meningkatnya tren social commerce turut dipicu oleh pandemi Covid-19. Kondisi yang ada akibat pandemi turut mendorong kemunculan sejumlah platform jual beli berbasis interaksi sosial yang mulai dikenal khalayak luas.


“Dengan meningkatnya tren social commerce di Indonesia, ke depannya kami berharap dapat terus memberikan insight menarik bagi ekosistem ini agar dapat membuka semakin banyak peluang pasar baru bagi UMKM, mendorong percepatan UMKM go digital, dan semakin meningkatkan pertumbuhan pasar digital di Tanah Air,” kata Timothy lewat pernyataan resminya.


 


 


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi