Selasa, 30/04/2024 - 01:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kabinet Pemerintah Sri Lanka Ajukan Pengunduran Diri Bersama

ADVERTISEMENTS

Seluruh Kabinet Sri Lanka juga telah menyerahkan surat mengundurkan diri

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

KOLOMBO — Menteri Olahraga Sri Lanka sekaligus keponakan presiden Namal Rajapaksa telah mengundurkan diri dari posisinya. Menurut Menteri Pendidikan Dinesh Gunawardena pada Ahad (3/4/2022), seluruh Kabinet Sri Lanka juga telah menyerahkan surat mengundurkan diri kepada Perdana Menteri Mahinda Rajapaksa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Gunawardena mengatakan presiden dan perdana menteri akan mengambil tindakan yang tepat atas tawaran dari anggota Kabinet untuk mengundurkan diri. Partai koalisi pemerintah menuntut agar Kabinet sementara ditunjuk untuk menarik negara itu keluar dari krisis.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Saya telah memberi tahu sekretaris presiden tentang pengunduran diri saya dari semua portofolio dengan segera,” ujar Namal Rajapaksa yang memutuskan meninggalkan jabatanannya.

ADVERTISEMENTS

Namal Rajapaksa berharap keputusannya membantu Presiden Gotabaya Rajapaksa dan Perdana Menteri yang adalah ayahnya, dalam membangun stabilitas bagi rakyat dan pemerintah. Dia pun memegang jabatan yang mengurus masalah kepemudaan dalam pemerintahan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Upaya Rusia Hapus Taliban dari Daftar Organisasi Teroris 

Tindakan pengunduran diri bersama pada menteri tampaknya merupakan upaya untuk menenangkan rakyat. Banyak warga yang turun ke jalan di seluruh negeri untuk meminta pertanggungjawaban presiden dan seluruh keluarga Rajapaksa.

Kekuatan politik Sri Lanka terkonsentrasi di keluarga Rajapaksa. Selain saudara menjadi presiden dan perdana menteri, dua saudara lainnya adalah menteri keuangan dan irigasi.

Para profesional Sri Lanka, pelajar, dan bahkan ibu dengan anak kecil menentang keputusan darurat dan jam malam untuk menuntut pengunduran diri presiden pada Ahad.  Polisi menembakkan gas air mata dan meriam air ke ratusan mahasiswa yang mencoba menerobos barikade di dekat kota Kandy di kawasan perkebunan teh.

Sedangkan di dekat Kolombo, mahasiswa berdemonstrasi dan membubarkan diri. Sementara tentara bersenjata dan polisi menghentikan anggota parlemen oposisi untuk berbaris ke Lapangan Kemerdekaan yang ikonik.

“Ini tidak konstitusional. Kamu melanggar hukum. Tolong pikirkan orang-orang yang menderita. Mengapa Anda melindungi pemerintah seperti ini?” kata pemimpin oposisi Sajith Premadasa kepada pasukan yang menghalangi jalan mereka.

Berita Lainnya:
Uskup Agung: Kunjungan Paus Tegaskan Kedekatan Hubungan RI-Vatikan

Selama beberapa bulan, warga Sri Lanka telah mengalami antrean panjang untuk membeli bahan bakar, makanan, dan obat-obatan. Sebagian besar berasal barang itu dari luar negeri dan dibayar dengan mata uang keras.

Pasokan yang pertama menghilang dari toko adalah susu bubuk dan gas untuk memasak. Kemudian diikuti oleh kekurangan bahan bakar yang mengganggu transportasi dan menyebabkan pemadaman listrik bergilir berlangsung beberapa jam sehari pada akhir Februari.

Tingkat krisis terjadi ketika Sri Lanka tidak dapat membayar impor bahan pokok karena utangnya yang besar dan cadangan devisa yang berkurang. Cadangan devisa negara yang dapat digunakan dikatakan kurang dari 400 juta dolar AS dan memiliki hampir 7 miliar dolar AS kewajiban utang luar negeri untuk tahun ini saja.

sumber : AP

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi