Jumat, 26/04/2024 - 17:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Retno Marsudi Terima Kunjungan Menlu Bosnia-Herzegovina

ADVERTISEMENTS

Retno mengungkapkan, selama hampir tiga dekade, Indonesia dan Bosnia-Herzegovina telah membangun hubungan bilateral yang dekat. Kedua negara, ujar Retno, berbagi nilai terkait demokrasi dan pluralisme, termasuk aspirasi pembentukan Gerakan Non-Blok. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


“Saya sangat senang bahwa hari ini Menteri Turkovic dan saya telah menandatangani nota kesepahaman tentang konsultasi politik antara Indonesia dan Bosnia-Herzegovina. Saya yakin, nota kesepahaman ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk memperdalam hubungan bilateral kita,” kata Retno dalam konferensi pers bersama Turkovic.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Retno mengungkapkan, untuk menerapkan nota kesepahaman tersebut, dia dan Turkovic setuju menugaskan pejabat senior kedua negara untuk menyusun garis besar program yang praktikal dan konkret, mencakup semua pilar kerja sama. Pada kesempatan itu, Retno turut mengapresiasi peningkatan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Bosnia-Herzegovina.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kemenlu Minta WNI Tunda Rencana Perjalanan ke Iran dan Israel


“Ada peningkatan 36 persen dibandingkan periode yang sama pada 2021,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS


Dia mengatakan, untuk melanjutkan momentum tersebut, Indonesia dan Bosnia-Herzegovina sepakat untuk mengeksplorasi langkah-langkah guna terus meningkatkan perdagangan bilateral kedua negara. “Kami juga sepakat untuk mengintensifkan kontak antar-bisnis, khususnya antara kamar dagang kami, untuk menemukan peluang bisnis di kedua negara,” ujar Retno.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Di bidang sosiokultural, Retno dan Turkovic membahas tentang tantangan umum yang dihadapi masyarakat multikultural. Mereka sama-sama menekankan pentingnya mempromosikan toleransi. “Kami kemudian setuju melanjutkan dialog lintas-agama bilateral kita lewat Indonesia-Bosnia and Herzegovina Bilateral Interfaith Dialogue (IBHID) dan untuk menggelar IBHID kedua dalam waktu dekat,” kata Retno. 

Berita Lainnya:
Ketua Fraksi PKS DPR Dukung Menlu Retno Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel


Sementara itu, Turkovic mengatakan, dia sangat senang bisa berkunjung ke Indonesia. “Ini penting bagi kami karena akhir bulan lalu baru saja menandai 30 tahun pengakuan Indonesia terhadap kemerdekaan Bosnia Herzegovina,” ucapnya.


Menurut Turkovic, sejak mengakui kemerdekaan negaranya, Indonesia telah banyak membantu negaranya. Tidak hanya pada masa perang, tapi juga dalam partisipasi berbeda. Mulai dari pengiriman pasukan perdamaian internasional hingga mendukung rekonstruksi Bosnia-Herzegovina.


Dia turut menyambut ditandatangani nota kesepahaman tentang konsultasi politik. “Penandatanganan nota kesepahaman tentang konsultasi politik antara dua kementerian kita adalah langkah kecil untuk mengintensifkan kerja sama, dan semoga kunjungan bilateral di masa mendatang akan lebih dinamis,” kata Turkovic. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi