Sabtu, 04/05/2024 - 00:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AFRIKAINTERNASIONAL

Ribuan Orang di Sudan Demo Tolak Kekuasaan Militer

ADVERTISEMENTS

Penyelidikan menunjukkan adanya penjarahan emas Rusia di Sudan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 KHARTOUM — Ribuan pengunjuk rasa melakukan aksi protes di ibu kota Sudan, Khartoum pada Ahad (31/7/2022) waktu setempat menuntut diakhirinya kekuasan militer. Protes juga digelar menyusul penyelidikan oleh CNN yang mengungkapkan penjarahan emas Rusia di negara Afrika itu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Bentrokan meletus setelah ratusan demonstran berusaha menuju ke Istana Republik kantor kepresidenan Sudan. Polisi mencegah mereka dengan menembakkan gas air mata ke arah pengunjuk rasa.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Video menunjukkan para pendemo memekikkan frasa menentang kekuasaan militer. Seperti diketahui militer menggulingkan pemerintahan sipil transisi Sudan pada 2021 dan memberikan pukulan telak bagi gerakan pro-demokrasi Sudan yang menggulingkan Presiden Omar al-Bashir dua tahun sebelumnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


Pihak berwenang menutup jembatan utama Mek Nimr, yang menghubungkan pusat kota Khartoum dan Khartoum Utara. Aksi protes Ahad terjadi setelah penyelidikan CNN menemukan bukti operasi penggalian emas yang menyedot kekayaan Sudan ke Rusia. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Perundungan Jadi Motif Penembakan di Sekolah Finlandia 


Investigasi berproses berdasarkan beberapa wawancara dengan pejabat tinggi Sudan dan Amerika Serikat (AS) serta sejumlah dokumen yang ditinjau oleh CNN. Temuan investigasi menunjukkan gambaran rumit skema Rusia untuk menjarah kekayaan Sudan dalam upaya membentengi Rusia terhadap sanksi Barat yang semakin kuat dan untuk menopang Moskow dalam upaya perang di Ukraina.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Bukti yang ditinjau oleh CNN juga menunjukkan bahwa Rusia berkolusi dengan kepemimpinan militer Sudan. Itu memungkinkan miliaran dolar emas untuk melewati negara Sudan dan merampas negara yang dilanda kemiskinan itu dari ratusan juta pendapatan negara.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Investigasi dibagikan secara luas di Sudan dan menyebabkan kemarahan publik. Beberapa jam setelah laporan itu disiarkan, unggahan mulai beredar di WhatsApp dan platform media sosial lainnya yang digunakan oleh aktivis pro-demokrasi.

Berita Lainnya:
Garda Revolusi Iran Peringatkan Israel tidak Serang Fasilitas Nuklir


“Penyelidikan yang dilakukan oleh CNN sangat penting bagi kami. Penyelidikan itu melihat ke dalam masalah krusial konflik sumber daya, terutama penting di negara miskin seperti Sudan,” kata tokoh pro-demokrasi dan mantan pejabat penting Sudan, Mohamed Al-Faki Suleiman seperti dilansir CNN, Senin (1/8/2022).


“Ini adalah akibat dari kurangnya kontrol otoritas sipil atas layanan keamanan, terutama polisi dan badan keamanan, dan oleh karena itu kami tidak dapat memaksakan kontrol kami atas proses penyelundupan,” kata Suleiman.


Pada Sabtu, kepala perusahaan pertambangan nasional Sudan Mubarak Ardol mengkritik penyelidikan tersebut di Twitter. Ia menyebutnya  penyelidikan itu lemah dan tidak tepat serta jumlahnya dibesar-besarkan hingga imajiner.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi