Selasa, 30/04/2024 - 06:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Susah Tidur? Dokter Rekomendasikan Cara Ini untuk Terlelap dalam Waktu Kurang dari 5 Menit

ADVERTISEMENTS

Teknik pernapasan 4-7-8 dapat bantu orang tidur lebih mudah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Kondisi stres atau banyak pikiran kerap menyebabkan sulit tidur dan membuat kualitas tidur menjadi buruk. Padahal tidur adalah aktivitas yang penting bagi kesehatan. Merespons hal itu, seorang profesor dari Amerika Serikat telah merancang teknik pernapasan 4-7-8 untuk menciptakan relaksasi secara instan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Teknik pernapasan yang dirancang oleh dokter Andrew Weil tersebut adalah cara untuk segera menggantikan shallow breathing (napas dangkal) yang berhubungan dengan stres dengan pernapasan yang jauh lebih dalam dan lebih lama. Seperti dijelaskan Amerisleep, pola pernapasan berperan dalam sistem saraf otonom tubuh yang mengatur detak jantung, ketegangan otot, motivasi, dan aspek relaksasi atau kegembiraan lainnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Napas yang cepat dan dangkal dapat menimbulkan rasa cemas, sementara napas yang dalam dan lambat dapat menenangkannya. Lalu bagaimana cara mempraktikkan teknik pernapasan 4-7-8?

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Sosiolog Soroti Tradisi Pertunangan Anak di Madura


Pertama, posisikan ujung lidah pada atap mulut, tepat di area gusi di atas gigi. Kedua, buang napas yang kuat melalui mulut hingga terdengar suara mendesis.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Setelah itu, tutup mulut dan tarik napas perlahan melalui hidung dalam empat hitungan. Kemudian tahan napas selama tujuh detik. Terakhir, embuskan napas perlahan melalui mulut selama delapan detik, dan buatlah suara mendesing seperti sebelumnya.

Ketika mempraktikkan metode tersebut, pastikan Anda dalam keadaan duduk tegak. Dokter Weil juga menjelaskan bahwa Anda harus menjaga lidah tetap menempel di belakang gigi atas selama sesi pernapasan.

“Latihan pernapasan ini adalah penenang alami untuk sistem saraf. Tidak seperti obat penenang, yang sering kali efektif ketika Anda pertama kali meminumnya tetapi kemudian kehilangan kekuatannya seiring waktu, latihan ini tidak kentara ketika Anda pertama kali mencobanya, tetapi mendapatkan kekuatan dengan pengulangan dan latihan,” kata dr Weil, seperti dilansir dari laman Express, Senin (21/11/2022).

Berita Lainnya:
Jus Buah Dianggap Minuman tak Sehat oleh Ahli Kesehatan, Mengapa?

Dr Weil mengimbau untuk melakukannya minimal dua kali sehari. “Anda tidak dapat melakukannya terlalu sering. Jangan melakukan lebih dari empat latihan napas sekaligus, selama bulan pertama,” ujar dia.

Para peneliti telah menguji metode ini dalam pengaturan klinis. Satu studi, yang diterbitkan belum lama ini dalam jurnal Physiology Reports dan telah ditinjau oleh rekan sejawat, melihat respons 22 orang dewasa yang kurang tidur bereaksi terhadap metode tersebut. Terlihat bahwa setelah melakukan metode tersebut, para peserta memiliki detak jantung istirahat yang lebih rendah serta tekanan darah sistolik.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi