Sabtu, 27/04/2024 - 06:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

180 Pengungsi Rohingya Tiba di Aceh dalam Kondisi Darurat

ADVERTISEMENTS

Pendaratan ini adalah pendaratan keempat di Aceh dalam beberapa bulan terakhir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

LHOKSUMAWE – Pengungsi Rohingya menerima perawatan medis darurat setelah sebuah kapal yang membawa hampir 200 orang mendarat di Aceh, Indonesia pada Senin (26/12/2022). Pendaratan ini adalah pendaratan keempat di Aceh dalam beberapa bulan terakhir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Juru bicara kepolisian setempat Winardy mengatakan, kapal kayu yang membawa pengungsi Rohingya tiba sekitar pukul 17.30 di sebuah pantai di provinsi Aceh paling barat di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“185 imigran Rohingya mendarat di (kabupaten) Pidie. Jumlah tersebut terdiri dari 83 laki-laki dewasa, 70 perempuan dewasa dan 32 anak-anak,” kata Winardy dalam keterangannya seperti dikutip laman Channel News Asia, Selasa (27/12/222).

ADVERTISEMENTS

Para pengungsi sementara ditampung di fasilitas lokal. Terdapat petugas kesehatan merawat mereka yang sakit. Beberapa tampak sangat lemah dan kurus dan diinfus oleh staf medis.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Menantikan Hadirnya Internet Starlink di Rafah

 

Seorang petugas kesehatan mengatakan bahwa beberapa dari para pengungsi menderita dehidrasi parah. Beberapa anak juga muntah.

Detail tentang kondisi perjalanan mereka belum tersedia, tetapi seorang pendatang muda mengatakan bahwa mereka telah berangkat dari Bangladesh. “Kami datang dari kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh dengan harapan Indonesia memberi kami kesempatan pendidikan,” kata Umar Faruq (14 tahun).

Marfian, tokoh masyarakat nelayan setempat yang berada di lokasi tidak lama setelah para pengungsi tiba, mengatakan bahwa beberapa pengungsi mendarat dalam kondisi lemah. “Saat mereka berada di bibir pantai, warga setempat membantu dengan memberi mereka makanan,” kata Marfian.

Berita Lainnya:
Qatar Telepon Arab Saudi, Tekankan Deeskalasi untuk Hindari Konflik di Kawasan

Winardy menggarisbawahi bahwa pihak berwenang tengah berkoordinasi dalam penanganan pengungsi, mengingat pendaratan mereka semakin sering di Aceh. Pendaratan kapal Senin di Aceh terjadi sehari setelah kapal lain yang membawa 57 pengungsi Rohingya mendarat di provinsi itu setelah sebulan di laut.

Badan pengungsi PBB mencatat, pada November, dua kapal yang membawa total 229 orang Rohingya mendarat di provinsi yang sama. Sementara itu Malaysia yang relatif makmur adalah tujuan favorit para pengungsi, tetapi banyak yang pertama kali mendarat di Indonesia yang mayoritas Muslim, dipandang lebih ramah.

Badan-badan PBB dan kelompok hak asasi manusia telah meminta bantuan mendesak negara-negara di kawasan itu setelah beberapa kapal yang membawa Rohingya dilaporkan terapung selama berminggu-minggu di Samudera Hindia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi