Selasa, 30/04/2024 - 05:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

DIGITALEKONOMI

Terapkan Strategi Ini Agar Bisnis Tetap Diminati di Era Digital

ADVERTISEMENTS

Pelaku usaha perlu fokus pada manfaat produk untuk kebutuhan konsumen.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Dalam menghadapi perkembangan zaman, para pelaku usaha harus dapat beradaptasi dengan menerapkan strategi-strategi baru yang sesuai agar bisnis tetap bertahan dan naik kelas. Jika sebelumnya menerapkan strategi 4P (Product, Price, Place, Promotion), maka di era digital saat ini strategi tersebut harus bertransformasi menjadi 4C (Co-Creation, Currency, Communal Activities, Conversation) yang fokus pada manfaat produk untuk kebutuhan konsumen dengan pengalaman langsung.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Digital Marketing Enthusiast Nurdin Hoerrudin mengajak pelaku usaha untuk lebih memahami strategi pemasaran 4C dan penerapannya agar jualan semakin laris, dikutip dari siaran pers Ninja Xpress, Senin.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Momen Paling Diminati Belanja, Transaksi Shopee Live Meningkat 44 Kali di Waktu Sahur
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

1. Co-Creation: Buat produk dengan libatkan konsumen

Strategi pemasaran 4P memfokuskan pada pelaku usaha untuk menciptakan produk terbaik, sedangkan 4C mendorong pelaku usaha menciptakan produk yang sesuai keinginan konsumen.

ADVERTISEMENTS

Untuk itu, pelaku usaha perlu melakukan riset untuk mengetahui keinginan konsumen sehingga dapat membantu pengembangan produk dan pengembangan strategi positioning produk. Berdasarkan riset Revees and Knell, konsumen akan lebih suka atau tertarik apabila mereka bisa memiliki produk yang mereka rancang sendiri.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Mendag: Mayoritas Harga Pangan Cenderung Turun Jelang Lebaran

 

2. Currency: Lihat kondisi konsumen dalam menentukan harga

Pelaku usaha perlu mempertimbangkan kondisi finansial konsumen dan kondisi mata uang yang dimana produk diperjualbelikan.

Contohnya, pelaku usaha dapat menggunakan tools analytics untuk melihat tipe-tipe konsumen. Tipe-tipe konsumen itu dapat dijadikan dasar untuk menentukan harga produk dan jenis barang yang dijual agar bisa memaksimalkan keuntungan.

Berdasarkan elemen biaya pemasaran 4C, konsumen rela mengeluarkan biaya besar selama produknya sesuai dengan keinginan mereka.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi