IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Tiga Tanda Nyeri Kaki yang Disebabkan Penumpukan Kolesterol

Tiga Tanda Nyeri Kaki yang Disebabkan Penumpukan Kolesterol

Gejala kolesterol tinggi bisa terasa di kaki.

JAKARTA — Nyeri kaki bisa dipicu oleh beragam penyebab, salah satunya kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Namun, kondisi tersebut kerap tidak disadari.

Padahal, tingginya kadar kolesterol dalam darah bisa mengarah pada masalah kesehatan yang serius, mulai dari penyakit jantung hingga strok. Kadar kolesterol tinggi akan memicu penumpukan plak di arteri. Lazimnya, plak terdiri dari campuran lemak, kalsium, kolesterol, fibrin, dan produk buangan lainnya dari sel tubuh.

Jika menampung terlalu banyak campuran berbahaya itu, arteri akan menjadi sempit dan keras. Pada akhirnya, timbul kondisi yang kurang ideal untuk aliran darah, memicu gangguan pada kaki. Kurangnya aliran darah ke kaki dapat memicu kondisi umum yang dikenal sebagai penyakit arteri perifer atau peripheral artery disease (PAD).

Gejala pertama yang dipicu oleh PAD adalah klaudikasio, berupa nyeri otot yang dapat diidentifikasi dengan tiga tanda. Jika kaki Anda terasa nyeri dan muncul tiga gejala berikut, bisa jadi itu dipicu oleh penumpukan kolesterol.

BACAAN LAIN:
Remaja Ini Koma 10 Hari dan Hampir Meninggal karena Flu

 

1. Nyeri dan nyeri tumpul

Dari akut hingga kronis, nyeri dapat muncul dalam berbagai bentuk yang tidak nyaman, tetapi nyeri akibat klaudikasio biasanya berupa nyeri tumpul dan rasa nyeri. Sensasi yang muncul juga bisa terasa seperti otot lelah, kram, atau kejang otot.

BACAAN LAIN:
Vape Ternyata Lebih Berbahaya Dibandingkan Rokok Konvensional, Ini Sebabnya

2. Rasa sakit saat beraktivitas

Rasa sakit di kaki yang disebabkan oleh klaudikasio tidak konsisten, tapi kian terasa saat seseorang beraktivitas. Semakin banyak gerakan dan kegiatan, rasa nyeri bisa semakin buruk. Begitu beristirahat, rasa sakit akan berkurang atau berhenti dalam beberapa menit.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Tiga Tanda Nyeri Kaki yang Disebabkan Penumpukan Kolesterol
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!