Selasa, 30/04/2024 - 19:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Salam Perpisahan Jacinda Ardern

ADVERTISEMENTS

Mulai besok Jacinda Ardern secara resmi mengundurkan diri sebagai PM Seladia Baru.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 WELLINGTON — Jacinda Ardern pada Selasa (24/1/2023) mengucapkan salam perpisahan terakhirnya sebagai perdana menteri Selandia Baru. Dalam sebuah pidato perpisahan, Ardern berbicara tentang kebaikan dan empati yang telah ditunjukkan warga Selandia Baru kepada dirinya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Terima kasih dari lubuk hati saya yang paling dalam atas hak istimewa terbesar dalam hidup saya,” kata Ardern dalam pidatonya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ardern tiba di sebuah tempat pertemuan antara politisi dan para tetua suku Maori di Kota kecil Ratana, di utara Ibu Kota Wellington. Kedatangan Ardern langsung disambut oleh para pendukung yang berebut untuk berfoto bersama.

ADVERTISEMENTS

Pekan lalu, Ardern secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya. Pengunduran diri Ardern membuat warga Selandia Baru terkejut. Ardern secara resmi mengundurkan diri tugasnya pada Rabu (25/1/2023). Posisi Ardern sebagai perdana menteri digantikan oleh pemimpin Partai Buruh yang baru, Chris Hipkins.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ribuan Cita-cita Hilang Sudah Akibat Serangan Israel

Ardern, bersama dengan Hipkins dan politisi oposisi, melakukan kunjungan tahunan ke Ratana, untuk menghadiri perayaan kelahiran pemimpin agama suku Maori, Tahupotiki Wiremu Ratana. Ardern mengenakan gaun hitam dengan jubah tradisional Maori yang disebut korowai. Ardern mengatakan dia tidak berencana untuk memberikan pidato di acara tersebut. Tetapi orang-orang di sana menolak untuk memberinya jalan keluar dan memintanya untuk menyampaikan pidato.

“Pengalaman saya secara keseluruhan dalam pekerjaan di Selandia Baru dan warga Selandia Baru adalah cinta, empati, dan kebaikan,” kata Ardern.

Ardern menjadi ikon global berhaluan kiri. Dia mendapatkan sorotan karena membawa bayinya ke pertemuan PBB. Ardern juga menghadapi sejumlah tragedi besar di negaranya dengan tenang.

Ardern menunjukkan rasa solidaritas dan menguatkan umat Muslim Selandia Baru, setelah terjadi insiden penembakan brutal di masjid di Kota Christchurch dan Linwood oleh seorang ekstremis sayap kanan. Insiden yang terjadi pada Maret 2019 ini menewaskan 51 orang dan melukai puluhan lainnya. 

Ketika itu, Ardern mengunjungi keluarga korban dan korban luka-luka di rumah sakit dengan mengenakan jilbab. Sikap Ardern ini menuai pujian di kancah internasional. Ardern mengatakan, keputusan untuk mundur ini cukup berat. Namun Ardern mengatakan, dia meninggalkan jabatannya dengan cinta di hatinya.  

Berita Lainnya:
Kedubes Kecam Serangan Israel ke Konsulat Iran di Damaskus

“Saya ingin Anda tahu bahwa saya pergi dengan cinta dan kasih sayang yang lebih besar untuk Aotearoa Selandia Baru dan orang-orangnya daripada saat saya memulai (menjabat sebagai perdana menteri),” kata Ardern.

Sebelum menuju ke lapangan untuk menghadiri acara inti, Ardern sempat dihadang oleh wartawan. Dia tersenyum lebar saat menolak menjawab pertanyaan politik. Ardern mengatakan, persoalan politik sekarang menjadi tanggung jawab penggantinya.

“Saya siap menjadi banyak hal. Saya siap menjadi back bench MP (anggota parlemen). Saya siap menjadi kakak perempuan dan seorang ibu,” ujar Ardern.

Ardern memiliki seorang putrinya bernama Neve yang berusia 4 tahun. Neve akan mulai bersekolah pada Juni. Dalam pidato pengunduran dirinya, Ardern mengatakan bahwa dia tidak sabar untuk mengantar anaknya pergi ke sekolah. 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi