IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Modalku Gandeng Ninja Xpress Perluas Penyaluran Dana ke UMKM

Modalku Gandeng Ninja Xpress Perluas Penyaluran Dana ke UMKM

Grup Modalku telah menyalurkan pendanaan sebesar lebih dari Rp 41 triliun.

JAKARTA — Modalku resmi menggandeng Ninja Xpress guna memberikan fasilitas pendanaan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung di layanan Ninja Direct. Perlu diketahui, Ninja Direct merupakan penyedia layanan satu pintu pengadaan barang dan bahan baku dari luar negeri bagi pekaku UMKM Indonesia.

Kolaborasi tersebut dinilai langkah solutif bagi para UMKM yang kerap mengalami keterbatasan dana dalam proses impor barang. Lewat kerja sama ini, diharapkan produktivitas bisnis para UMKM dalam ekosistem Ninja Direct dapat meningkat.

Selama ini, kendala yang sering dialami oleh UMKM di Ninja Direct yaitu mendapatkan akses pendanaan cukup guna mengembangkan bisnis mereka. Para pelaku usaha pun kerap mengalami kesulitan dalam mengakses berbagai supplier impor terutama dari China, sehingga menjadi tantangan tersendiri untuk mencari bahan baku dengan harga kompetitif.

Kurangnya pengetahuan yang mumpuni terkait tren pasar dinilai dapat menyulitkan UMKM dalam menentukan produk atau jenis layanan yang akan ditawarkan kepada pelanggan. Head of Growth Modalku Arthur Adisusanto mengatakan Modalku terus konsisten melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak di berbagai industri untuk memperbesar ekosistem layanan serta memperluas jangkauan ke lebih banyak segmen UMKM.

“Kami melihat para pelaku UMKM yang membeli bahan baku impor masih banyak yang membutuhkan fasilitas alternatif pendanaan. Oleh karena itu, Modalku berinisiatif untuk menjalankan kolaborasi dengan Ninja Direct, karena pertumbuhan bisnis Ninja Direct menunjukan tren yang positif,” ujar  dalam siaran pers, Rabu (25/1).

Perusahaan, kata dia, juga melihat adanya kesamaan visi antara Modalku dengan Ninja Direct, yakni memberdayakan dan mendukung keberhasilan bisnis UMKM. Salah satunya dengan memiliki arus kas lancar serta didukung akses mendapatkan pendanaan yang mudah.

Para pelaku UMKM yang tergabung dalam ekosistem Ninja Direct dapat memanfaatkan fasilitas untuk mendapatkan pendanaan tanpa agunan dengan tenor hingga 45 hari. Dana bisa digunakan sebagai modal usaha tambahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis, seperti menambah stok barang maupun membeli bahan baku dari luar negeri melalui layanan Ninja Direct.

Saat ini, penyaluran pendanaan fokus di area Pulau Jawa. Dikarenakan hampir sebagian besar pelaku UMKM yang terdaftar dalam Ninja Direct berasal dari pulau Jawa, terutama di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Vice President Ninja Direct M Andhithaurik Putera, menambahkan lewat kerja sama dengan Modalku, langkah mereka dalam mendukung daya tahan dan produktivitas UMKM di Indonesia di tengah situasi ekonomi saat ini menjadi lebih mudah. Ia memahami, dalam menyediakan bahan baku dari luar negeri, UMKM membutuhkan dana yang cukup besar.

“Harapannya, melalui kerja sama dengan Modalku, UMKM dapat fokus meningkatkan produktivitas dan kualitas produk barang tanpa perlu mengalami kendala dalam mencari tambahan modal untuk membeli bahan baku dari luar negeri,” tuturnya.

Ninja Direct menawarkan layanan satu pintu pengadaan bahan baku yang aman, mudah dan menguntungkan dengan pilihan skema dan sistem yang fleksibel sesuai kebutuhan UMKM. Ninja Direct pun memiliki jaringan supplier yang besar di beberapa negara sehingga dapat membantu para UMKM dalam mencari berbagai jenis bahan baku berkualitas dengan harga yang kompetitif.

UMKM di Ninja Direct umumnya bergerak di sektor perdagangan. Jadi mereka mengimpor bahan baku yang kemudian diolah menjadi jenis produk seperti fashion, elektronik maupun home and living. Bahan baku fashion merupakan salah satu kebutuhan utama yang sering diimpor, dikarenakan tren pasar yang terus berubah.

Kemudian diikuti parts elektronik, karena harga di pasar domestik cenderung lebih tinggi dibandingkan harga di pasar internasional. Bahan baku terakhir yang sering diimpor yakni home and living, ini dikarenakan produk tersebut menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang tertarik dengan berbagai barang kebutuhan rumah unik dan berkualitas.

Modalku sebagai perusahaan financial technology (fintech) menyediakan layanan pendanaan digital. Penerima dana atau UMKM yang berpotensi bisa mendapatkan modal usaha tanpa jaminan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi dana platform atau individu atau institusi yang mencari alternatif investasi pendanaan bersama melalui pasar digital.

Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam dengan nama Funding Societies. Sampai saat ini, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pendanaan sebesar lebih dari Rp 41 triliun kepada lebih dari 5,1 juta total transaksi UMKM di Asia Tenggara.

Sumber: Republika

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments
0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Modalku Gandeng Ninja Xpress Perluas Penyaluran Dana ke UMKM
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!