Sabtu, 27/04/2024 - 00:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Masjid Ini Menjadi Saksi Bisu Dikabulkannya 2 dari 3 Permintaan Rasulullah SAW 

ADVERTISEMENTS

JAKARTA – Masjid Al Ijabah terletak di sebelah utara barat laut Masjid Nabawi, dulu dikenal dengan nama Manazil Bani Muawiyah. Di masjid inilah Rasulullah SAW berdoa tiga perkara terkait umatnya. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Disebut Masjid Al-Ijabah karena Nabi Muhammad SAW pada suatu hari mampir di sana dan sholat dua rakaat di Masjid Bani Muawiyah dengan doa yang sangat panjang dan para sahabat ikut sholat bersamanya. Selesai sholat, Rasulullah SAW berbalik kepada sahabatnya dan bersabda: 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

سألت ربي ثلاثا سألته ألا يهلك أمتي بالغرق ، فأعطانيها وسألته ألا يهلك أمتي بالسنة ، فأعطانيها . وسألته ألا يجعل بأسهم بينهم ، فمنعنيها 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Aku telah meminta kepada Tuhanku tiga perkara, dikabulkan dua dan ditolak satu. Yaitu aku memohon kepada-Nya agar Tuhanku tidak membinasakan umatku dengan kekeringan, Tuhanku mengabulkannya. Aku meminta-Nya untuk tidak menghancurkan umatku dengan bencana tenggelam, Tuhanku mengabulkannya. Lalu aku memohon kepada Tuhanku untuk tidak terjadi derita karena permusuhan di antara umatku, maka Tuhanku menolaknya.” (HR Ahmad).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Adab Berkendara dan Berlalu Lintas dalam Islam untuk Mencegah Kecelakaan

Hadits ini diriwayatkan dari berbagai jalur dengan beragam redaksi yang berbeda, tetapi tidak saling bertentengan karena, makna dan pesan masing-masing hadits saling melengkapi.  

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Lokasi Al Ijabah 

Masjid Al Ijabah terletak sekitar 580 meter dari Masjid Nabawi, atau sekira 285 meter dari Kompleks Pemakaman Baqi. Dari Baqi, Masjid al-Ijabah berada di sebelah utara, dan terletak di Jalan Malik Faishal atau Jallan Sittin. 

Dikutip dari Sejarah Madinah, Muhammad Ilyas Abdul Ghani,  masjid ini telah dipugar beberapa tahun lalu, tepatnya pada 1997 M/1418 H oleh Raja Fahd dengan luas mencapai 1000 meter persegi. 

Berita Lainnya:
Anjuran Bertakwa kepada Allah dalam Berbagai Kondisi

Masjid ini terbagi dua, yakni untuk jamaah wanita dan laki-laki. Untuk jamaah wanita, area yang disediakan seluas 100 meter persegi, terletak di sisi timur laut. Sisanya dipergunakan untuk jamaah laki-laki.

Di depan masjid, terdapat sebuah kubah yang memiliki tinggi 11,70 meter, tanpa ada simbol bulan sabit, sebagaimana umumnya. Diameter kubah sekitar 9,5 meter. Sedangkan sudut di sebelah tenggara terdapat menara yang tngginya mencapai 36 meter, termasuk dengan bulan sabitnya.

Masjid ini dahulunya bernama Masjid Bani Muawiyah, tetapi karena Rasulullah SAW pernah berdoa di masjid ini, maka namanya berganti menjadi Masjid Al Ijabah.     

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi