Kamis, 02/05/2024 - 00:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Berdosakah tidak Memberi Makan Hewan Peliharaan?

ADVERTISEMENTS

Seekor kucing dipakaikan kacamata oleh pemiliknya saat dipamerkan pada kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di Solo, Jawa Tengah, Ahad (12/6/2022). Berdosakah tidak Memberi Makan Hewan Peliharaan?

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Kewajiban memberi nafkah bukan saja berkaitan dengan manusia, tetapi bahkan mencakup juga hewan peliharaan. Yakni dengan memberinya makan, minum, dan kebutuhan secukupnya bagi setiap pemelihara. Bagaimana Islam mengatur permasalahan ini?

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Muhammad Bagir dalam buku Muamalah Menurut Alquran, Sunnah, dan Para Ulama menjelaskan, jika si pemilik hewan melalaikan pemberian nafkah kepada hewan peliharaannya, maka hakim dapat memaksanya untuk memenuhi kebutuhan mereka. Atau dapat juga memaksanya untuk menjual atau menyembelihnya (jika termasuk hewan yang boleh dimakan dagingnya).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Benarkah Semua Agama Sama? Begini Penjelasan Buya Hamka dan M Natsir
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bahkan jika perlu, hakim dapat mengambil tindakan lain yang dipandang lebih sesuai. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Seorang perempuan diazab (oleh Allah) berkenaan dengan seekor kucing yang dia penjarakan sehingga mati. Tidak diberinya makan dan minum ketika mengikatnya, tidak pula dilepaskannya sehingga dapat makan dari serangga dan sebagainya,”.

ADVERTISEMENTS

Abu Hurairah juga merawikan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Pada suatu ketika seorang laki-laki sedang melintasi sebuah jalan ketika merasa sangat kehausan. Dijumpainya sebuah sumur lalu dia turun dan minum sepuasnya. Ketika dia naik kembali, diliharnya seekor anjing menjulurkan lidah karena kehausan sedemikian sehingga menjilat tanah di bawahnya. Laki-laki itu pun bergumam, ‘Anjing ini sudah sedemikian lelahnya karena kehausan seperti yang menimpaku sebelum ini’.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Anjuran Bertakwa kepada Allah dalam Berbagai Kondisi

Ia pun turun kembali ke dalam sumur dan memenuhi sepatunya dengan air, lalu naik kembali sambil menggigit sepatunya, dan meminumkannya kepada anjing tersebut. Allah SWT berterima kasih untuknya dan mengampuni segala dosanya,”.

Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apakah kita juga memperoleh pahala ketika berbuat kebaikan kepada hewan?”. Nabi menjawab, “Tentu. Kebaikan yang dilakukan terhadap setiap jantung yang berdenyut (yakni, setiap makhluk hidup pasti berpahala).”

Dari daftar di bawah ini, mana nih Hape favorit Kamu?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi