Kamis, 02/05/2024 - 05:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kunjungan Wisatawan Kerek Penjualan Ritel di Bali

ADVERTISEMENTS

Wisatawan mengunjungi objek wisata Tanah Lot di Tabanan, Bali (ilustrasi). Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan, meningkatnya kinerja penjualan ritel di Provinsi Bali pada April 2023 dipengaruhi kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

DENPASAR — Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan, meningkatnya kinerja penjualan ritel di Provinsi Bali pada April 2023 dipengaruhi kenaikan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Hal ini disebabkan libur panjang Idul Fitri 1444 Hijriah serta peningkatan jumlah frekuensi penerbangan dan maskapai dengan penerbangan langsung ke Bali, terutama dari China,” kata Trisno, di Denpasar, Senin (15/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
INDEF: Konflik Geopolitik Tingkatkan Beban Pelaku UMKM
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sejalan dengan data Angkasa Pura, rata-rata penumpang harian wisatawan di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai mengalami peningkatan pada April 2023. Rata-rata harian penumpang domestik mengalami peningkatan dari 11.300 penumpang pada Maret 2023 menjadi 12.709 penumpang pada April 2023. Rata-rata harian penumpang internasional mengalami peningkatan dari 13.007 penumpang pada Maret 2023 menjadi 14.947 penumpang pada April 2023.

ADVERTISEMENTS

Trisno menambahkan, kinerja penjualan ritel di Provinsi Bali pada April 2023 diprakirakan meningkat dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Bali April 2023 yang diprakirakan sebesar 100,9 dan meningkat 0,7 persen (mtm) dibandingkan dengan periode Maret 2023 yang tercatat sebesar 100,2.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
BI dan IFSB Susun Rencana Pengembangan Keuangan Syariah Global

Trisno mengemukakan, pada periode April, kelompok barang yang mengalami pertumbuhan adalah kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 2,7 persen (mtm) dan subkelompok Sandang sebesar 0,2 persen (mtm). Namun, terdapat beberapa kelompok barang yang mengalami penurunan yaitu kelompok barang Peralatan Informasi dan Komunikasi sebesar -5,0 persen (mtm) dan kelompok barang Barang Budaya dan Rekreasi sebesar -1,3 persen (mtm).

Lebih lanjut, Trisno menyampaikan kenaikan IPR Bali tersebut sejalan dengan kenaikan IPR Nasional yang juga mengalami pertumbuhan sebesar 12,2 persen (mtm) yakni dari 215,3 di bulan Maret 2023 menjadi 241,6 di bulan April 2023.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi