Jumat, 26/04/2024 - 21:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KAI Luncurkan Perjalanan Kereta Terjauh, Apa Rutenya?

ADVERTISEMENTS

 JEMBER—PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi meluncurkan perjalanan kereta api terjauh yakni KA Pandalungan dengan rute Stasiun Jember – Stasiun Gambir Jakarta (PP) di Stasiun Jember, Jawa Timur.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pemberangkatan KA Pandalungan secara perdana dengan membawa sebanyak 230 penumpang dilakukan oleh Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa bersama Bupati Jember Hendy Siswanto di Stasiun Jember.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Dengan peresmian itu berarti KA Pandalungan menjadi kereta api dengan rute paling jauh yang dioperasionalkan oleh KAI dengan menempuh jarak 919 kilometer,” kata Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa di Jember.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut dia, peluncuran KA Pandalungan itu merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang berlaku terhitung mulai 1 Juni 2023.

ADVERTISEMENTS

Di samping itu, lanjut dia, hadirnya KA Pandalungan merupakan alternatif untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Jember dan sekitarnya yang akan bepergian menuju ibukota dengan kepastian jadwal, waktu tempuh yang efisien dan kenyamanan sepanjang perjalanan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
PT KAI Daop 2 Tegaskan Taksi Konvensional dan Daring Boleh Masuk Area Stasiun Bandung

“Nama Pandalungan sebagai nama kereta dari Jember tujuan Jakarta adalah sebagai bentuk apresiasi KAI untuk masyarakat Pandalungan yang berada di wilayah tapal kuda. Harapannya, kalau orang di wilayah tapal kuda mau bepergian, naiknya ya KA Pandalungan,” tuturnya.

KA Pandalungan membawa 8 kereta eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk. Pada tahap awal, kereta tersebut akan beroperasi setiap hari selama dua pekan pertama bulan Juni, kemudian pada minggu ketiga dan keempat akan berjalan pada hari Kamis hingga Senin.

“Selama bulan Juni, KAI juga memberikan tarif tiket promo KA Pandalungan senilai Rp300.000 untuk semakin menarik minat pelanggan,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi dari KAI, sebanyak 100 pelanggan pertama KA Pandalungan yang boarding untuk keberangkatan pada 1 Juni 2023 dibagikan segelas coklat hangat.

Berita Lainnya:
SYL Ketahuan Kredit Mobil Alphard Pakai Duit Kementan, Rp43 Juta Perbulan

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan adanya KA Pandalungan itu memudahkan mobilitas masyarakat menuju Jakarta dan kereta tersebut menjadi moda transportasi pertama menempuh rute terjauh yang langsung berangkat dari Jember menuju Jakarta.

“Masyarakat Jember dan sekitarnya yang akan pergi ke Jakarta tidak perlu transit untuk berganti kereta api di stasiun Surabaya terlebih dahulu. Dengan menggunakan transportasi kereta api sangatlah aman karena mengurangi risiko kecelakaan di jalan,” katanya.

Kabupaten Jember ke depannya akan ada berbagai ajang spektakuler seperti Lomba Drumband yang pesertanya berasal dari Negara Asian, Jember Fashion Carnival, Jember Kota Cerutu Indonesia dan berbagai ajang yang tentunya akan mendatangkan ribuan pengunjung datang ke Jember.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi