Minggu, 05/05/2024 - 04:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Putin Segera Berkunjung ke Turki Penuhi Undangan Erdogan

ADVERTISEMENTS

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri upacara pemuatan bahan bakar nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Akkuyu Turki, yang sedang dibangun di kota Buyukeceli, melalui tautan video di Moskow, Rusia, Kamis (27 /4/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

MOSKOW – Turki dan Rusia bersepakat Presiden Vladimir Putin segera berkunjung ke Turki dalam waktu dekat. Ini merupakan kunjungan pertama Putin ke negara anggota NATO setelah ia mengerahkan puluhan ribu tentaranya menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Putin jarang bepergian keluar Rusia sejak invasi dalam skala besar tersebut. Ia akan bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Turki menjadi satu-satunya negara NATO yang memiliki hubungan baik dengan Rusia, padahal anggota lainnya berseberangan dengan Rusia. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Dua Tewas dan Enam Terluka dalam Penembakan di Memphis Amerika Serikat
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Ada undangan dari Presiden Turki. Putin dan Erdogan sepakat kunjungan dilakukan segera. Namun kami belum menentukan hari dan tanggal spesifiknya,’’ kata Yury Ushakov penasihat kebijakan luar negeri Kremlin seperti dikutip kantor berita Interfax, Jumat (16/6/2023). 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) pada Maret lalu mengeluarkan surat perintah penahanan atas Putin. Ia dituduh melakukan kejahatan perang. Dengan adanya surat perintah ICC, saat melakukan perjalanan ke luar negeri ia menghadapi risiko ditahan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Namun, Putin sepakat berkunjung karena Turki bukan merupakan para pihak yang meratifikasi Statu Roma, yang menjadi dasar berdirinya ICC. Dengan demikian Putin tak menghadapi risiko penangkapan saat berkunjung ke Turki. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Erdogan: Netanyahu Biang Kerok Utama Ketegangan di Timur Tengah 

Erdogan yang terpilih kembali menjadi presiden pada pemilu 28 Mei lalu, sampai saat ini menjalin hubungan yang kuatnya baik dengan Rusia maupun Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari tahun lalu. Dua negara yang saat masih terlibat perang. 

Turki menolak bergabung dengan negara Barat untuk menjatuhkan sanksi ekonomi ke Rusia. Di sisi lain, Turki menyuplai senjata untuk Ukraian. Turki menegaskan, negara lain menghormati kedaulatan yang mereka miliki. 

Ankara juga membantu memediasi pertukaran tahanan. Bersama PBB, menegosiasikan kesepakatan pada Juli 2022 untuk mengizinkan ekspor gandum dari pelabuhan-pelabuhan Ukraina melalu Laut Hitam. 

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi