Minggu, 05/05/2024 - 07:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemendag Perkuat Koordinasi Lintas Kementerian Antisipasi El Nino

ADVERTISEMENTS

MALANG — Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan memperkuat langkah koordinasi dengan lembaga atau kementerian terkait untuk mengantisipasi dampak El Nino atau kemarau ekstrem di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (22/6/2023), mengatakan, dalam upaya mengantisipasi dampak kemarau ekstrem tersebut, diperlukan penguatan koordinasi termasuk dengan pemerintah daerah. “Kami banyak berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga, karena ini cuaca. Jadi bukan hanya Kemendag, ada kementerian dan lembaga lain, termasuk pemerintah daerah,” kata Jerry.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Jerry menjelaskan, langkah koordinasi antarkementerian dan lembaga tersebut merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa musim kemarau ekstrem atau El Nino tersebut tidak akan berpengaruh terhadap sektor yang lain.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kemendag: Barang Impor Pekerja Migran Indonesia tak Lagi Dibatasi
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sejumlah sektor yang menjadi perhatian, lanjutnya, antara lain adalah sektor ritel dan perdagangan pada umumnya. Pemerintah akan memastikan ketersediaan pasokan, khususnya untuk bahan kebutuhan pokok penting.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Kita harus memastikan bahwa El Nino tidak mempengaruhi sektor lain seperti ritel, perdagangan dan lainnya,” kata Jerry.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia menambahkan, sejauh ini ia bersama jajaran Kementerian Perdagangan terus melakukan pemantauan pasokan, harga bahan kebutuhan pokok penting pada pasar-pasar yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. Hingga saat ini, menurutnya, pasokan bahan pokok penting dalam keadaan aman dan ketersediaan mencukupi. Namun, ia mengakui bahwa ada sejumlah komoditas yang mengalami fluktuasi, namun masih dalam kondisi normal.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pendapatan Usaha Waskita Beton Naik 38 Persen pada Kuartal I 2024  

“Sejauh ini pasokan aman, ketersediaan mencukupi, harga juga relatif stabil. Memang ada fluktuasi, tentu, tapi stabil,” kata Jerry.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan pernyataan untuk mewaspadai adanya potensi El Nino atau musim kemarau ekstrem pada 2023 yang akan menyebabkan penurunan curah hujan di Indonesia.

Kewaspadaan untuk menghadapi musim kemarau ekstrem yang diperkirakan terjadi pada Juli-Agustus 2023 perlu dilakukan pemerintah, mengingat akan memberikan dampak terhadap sektor produksi pangan di dalam negeri.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi