Kamis, 02/05/2024 - 02:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Bagaimana Malaikat Cabut Nyawa di Lokasi Berpisah? Ini Dialog Rasulullah SAW dengan Izrail

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA— Setiap makhluk tidak bisa lari dari kematian. Apalagi anak Adam, yang terus diawasi malaikat Maut atau Malaikat Izrail. Maka ketika seorang anak Adam telah sampai ajalnya, Malaikat Maut segera melaksanakan tugas mencabut roh hamba tersebut. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dalam kitab at-Tadzkirah karya Imam Qurthubi dijelaskan ketika peristiwa Isra dan Mi’raj, Rasulullah SAW melihat ada satu malaikat yang terus memperhatikan lembaran berisi catatan ajal makhluk. Sedang alam dunia dan isinya berada di antara kedua lututnya. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Rasulullah SAW pun bertanya kepada Malaikat Jibril tentang sosok malaikat itu. Jibril menjawab bahwa itu adalah malaikat maut. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rasul pun bertanya pada malaikat maut tentang bagaimana ia mencabut nyawa makhluk baik di daratan maupun di lautan. 

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Malaikat maut pun menjawab bahwa penglihatan dan jangkauannya dari Timur ke Barat sehingga mudah bagi malaikat maut untuk mencabut roh seorang hamba. 

Ketika seorang hamba itu telah sampai pada ajalnya, malaikat maut melihat ke arah hamba tersebut. Seketika itu juga, para malaikat-malaikat pembantunya akan mencabut nyawa-nyawa hamba yang telah sampai pada ajalnya.   

Berita Lainnya:
Durhaka Secara Zahir dan Diam-diam, Begini Penjelasannya

وفي خبر الإسراء عن ابن عباس رضي الله عنه عن النبي ﷺ  مررت على ملك آخر جالس على كرسي إذا جميع الدنيا ومن فيها بين ركبتيه, وبين يديه لوح مكتوب فيه لا يلتفت عنه يمينا ولا شمالا، فقلت: يا جبريل من هذا؟ قال: هذا ملك الموت، فقلت: يا ملك الموت كيف تقدر على قبض أرواح من في الأرض برها، وبحرها؟ قال: ألا ترى أن الدنيا كلها بين ركبتين. وجميع الخلق بين عيني، ويداي تبلغان المشرق والمغرب، فإذا نفد أجل عبد نظرت إليه، فإذا نظرت إليه عرف أعواني من الملائكة أنه مقبوض عدوا فبطشوا به يعالجون نزع روحه فإذا بلغوا بالروح الحلقوم علمت ذلك فلم يخف علي شيء من أمره مددت يدي فأنزعه من جسده وإلي قبضه.

Dan di dalam kisah Isra dan Miraj yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu dari Nabi Muhammad SAW, Nabi bersabda, “Aku melewati malaikat yang sedang duduk yang seluruh dunia dan isinya berada di antara kedua lututnya. Dan di antara tangannya terdapat lembaran yang terdapat catatan di dalamnya. Malaikat itu tidak memalingkan pandangannya dari catatan dalam lembaran tersebut, tidak ke kiri dan tidak juga ke kanan. Aku bertanya (pada Jibril), “Wahai Jibril siapakah dia?”  Jibril menjawab, “Dia adalah malaikat maut.”  

Berita Lainnya:
Kisah Nabi Muhammad SAW Melaksanakan Itikaf, Apa Tujuannya?

Baca juga: Jalan Hidayah Mualaf Yusuf tak Terduga, Menjatuhkan Buku Biografi Rasulullah SAW di Toko

“Aku (Rasulullah) bertanya (pada malaikat maut), “Wahai malaikat maut, bagaimana cara engkau mencabut nyawa pada makhluk yang ada di darat dan di laut?”  

Malaikat maut menjawab, “Tidakkah engkau melihat bahwa dunia dan seluruh isinya berada di antara kedua lututku, dan semua makhluk berada di antara penglihatanku, dan tanganku mencapai Timur dan Barat. Maka apabila telah datang ajal seorang hamba, aku melihat ke arahnya. Apabila aku telah melihat ke arahnya (hamba tersebut), maka malaikat yang membantuku tahu bahwa nyawa hamba tersebut harus dicabut dan mereka segera pergi untuk mencabut nyawa hamba itu. Apabila nyawa hamba tersebut telah sampai kerongkongan, maka tidak ada sesuatu pun yang tidak aku ketahui mengenai hamba tersebut. Tanganku kemudian mencabut roh hamba itu keluar dari jasadnya.” Wallahu’alam    

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi