Selasa, 21/05/2024 - 20:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

5 Orang Paling Buruk Amal dan Paling Jelek Sifatnya di Dunia, Siapa Mereka?

Lansia (ilustrasi). Rasulullah SAW mengingatkan bahaya akhlak tercela menimpa Muslim

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA- Ada orang-orang yang dicap Rasulullah SAW sebagai orang-orang yang paling buruk amalnya dan paling  jelek sifatnya di dunia. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Mereka akan mengalami kerugian di dunia dan akhirat. Siapa saja? Dikutip dari kitab Washiyat al-Musthafa karya Abdul Wahhab as-Sya’rani dijelaskan sebagai berikut:  

1. Panjang umur tapi buruk amal 

Kerugian bagi orang yang diberika Allah SWT umur yang panjang tetapi tak banyak melakukan amal saleh. Bahkan umur yang panjang itu justru lebih banyak digunakan untuk amal-amal yang buruk, perbuatan-perbuatan maksiat yang dilarang Allah SWT. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Tentunya orang seperti ini adalah orang yang paling buruk yang akan mendapati kesengsaraan di akhirat. Rasulullah SAW berkata kepada sahabat Ali:    

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Dajal Tanda Kiamat yang Berakhir di Palestina dan Tangis Aisyah Istri Rasulullah SAW

يَا عَلِيُّ، خَيْرُ النَّاسِ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ  لِلنَّاسِ وَشَرُّهُمْ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ وَخَيْرُهُمْ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ

“Wahai Ali, sebaik-baiknya manusia di sisi Allah Ta’ala yaitu orang yang paling banyak bermanfaat bagi manusia, dan seburuk-buruknya manusia di sisi Allah yaitu orang yang panjang umurnya tapi buruk amalnya, dan sebaik-baik manusia yaitu orang yang panjang umurnya dan baik perbuatannya.”    

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

2.Tak mempedulikan orang lain dan suka berbuat zalim 

Orang-orang yang tak peduli dengan orang lain dan suka berbuat zalim pada orang lain bukan saja dicap sebagai manusia yang buruk amal dan jelek sifatnya tetapi lebih dari itu mereka adalah makhluk yang paling dibenci Allah SWT. 

Berita Lainnya:
Jangan Pernah Abai Sholat 5 Waktu, Ini 3 Siksa yang Menanti Mereka yang Melalaikannya

Rasulullah SAW merinci orang-orang tersebut adalah yang suka makan sendirian artinya tidak mempedulikan orang yang kelaparan, menghalangi orang lain memperoleh rezeki, suka berbuat kasar pada orang-orang yang membantunya, berlebih-lebihan memuliakan orang-orang kaya dan suka menghina kaum fakir.    

وَأَبْغَضُ النَّاسِ إِلَى اللهِ تَعَالَى مَنْ أَكَلَ وَحْدَهُ وَمَنَعَ رِفْدَهُ وَضَرَبَ عَبْدَهُ وَأَكْرَممَ الْغَنِيَّ وَأَهَانَ الْفَقِيْرَ   

“Dan manusia yang paling dibenci Allah ta’ala yaitu manusia yang makan sendirian (tidak mempedulikan orang yang kelaparan) dan menghalangi orang lain dari memperoleh makanan, dan yang memukul budaknya (pembantu), dan orang yang  (berlebihan) memuliakan orang-orang kaya, dan yang menghina orang fakir.”    

3. Menjalani hidup dengan… 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi