Senin, 22/07/2024 - 06:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ngemil Sebelum Tidur Sebabkan Rasa Gerah dan Gelisah Sepanjang Malam

JAKARTA — Bagi yang suka menyantap camilan tengah malam atau menjelang tidur, sebaiknya pikirkan lagi. Sebab, pakar tidur mengatakan, menjelang tidur bukan waktu terbaik untuk ngemil.

Ngemil bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga menyebabkan seseorang tidur malam dengan kegerahan dan gelisah. Itu karena tubuh menghasilkan panas secara alami saat mencerna makanan.

Jadi, sebaiknya berikan jeda waktu beberapa jam antara waktu makan terakhir dan waktu tidur. Jika memang sangat lapar, pilih makanan yang mudah dicerna seperti roti panggang, pisang, atau pasta.

Dikutip dari laman Woman and Home, Selasa (29/8/2023), alasan utamanya karena makanan berbasis karbohidrat itu bergerak melalui sistem pencernaan dengan cepat. Berbeda dengan camilan berserat atau berprotein tinggi.

Para ahli punya pedoman suhu ideal supaya seseorang bisa tidur nyenyak tanpa gangguan. Pakar tidur sekaligus CEO Happy Beds, Rex Isap, menyebut temperatur kamar untuk tidur malam yang nyenyak adalah sekitar 16-18 derajat Celsius bagi orang dewasa.

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, seperti di atas 24 derajat Celsius atau di bawah 12 derajat Celsius, dianggap tidak sehat karena memengaruhi kualitas tidur. Untungnya, tubuh dirancang untuk melindungi diri sendiri melalui termoregulasi. 

Berita Lainnya:
Cegah Bersin Menyiksa, Atasi dengan Tips Jitu Cuci Hidung

Artinya, tubuh mampu mengatur suhunya sendiri sampai tingkat tertentu. Tubuh bisa mempersiapkan diri untuk tidur dengan menurunkan suhu keseluruhan secara perlahan seiring berjalannya hari. Namun, tetap ada kemungkinan suhu tubuh masih terlalu panas.

Terlebih, dengan cuaca panas yang melanda berbagai belahan dunia saat ini, yang butuh usaha lebih agar tidur tidak terganggu. Isap menyarankan memilih bahan seprai dan selimut yang tepat saat tidur di cuaca panas, seperti linen.

“Selain dapat menyerap keringat dan mengatur suhu, alas tidur linen sangat higienis. Karena bersifat antiseptik dan antibakteri, linen sering dianggap sebagai salah satu kain paling bersih dan secara aktif bekerja untuk mencegah pertumbuhan bakteri,” kata Isap.

Disarankan memakai warna terang, khususnya putih, supaya memantulkan cahaya sehingga tetap sejuk. Seprai dan selimut juga perlu sering dicuci, karena alas tidur berpotensi terpapar banyak keringat ketika seseorang tidur di tengah cuaca panas.

Berita Lainnya:
Dokter Spesialis Saraf Singgung Pentingnya Tidur Berkualitas

Solusi lain menyejukkan diri saat tidur malam di tengah cuaca panas adalah memakai kipas angin, memakai tirai, serta tidur dalam posisi yang membantu membuat tubuh tetap sejuk dan mengurangi keringat. Menurut pakar, posisi itu adalah tidur telentang.

Pakar tidur Charlotte Corson dari Nuffield Health merekomendasikan pemakaian kompres air dingin dalam botol dan mandi air dingin sebelum tidur. Anjuran Corson lainnya adalah selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh, jangan sampai dehidrasi. 

Menurut Corson, pikiran juga memainkan peran penting dalam peningkatan kualitas tidur. Dia menjelaskan, tubuh dan pikiran saling terkait. Jadi, hindari mengeluh bahwa Anda tidak akan bisa tidur nyenyak seperti biasanya karena panas.

Sebaliknya, yakini panas itu akan berlalu dan tidak akan bertahan selamanya. “Jika kita  masuklah ke dalam siklus pemikiran negatif dan mengatakan pada diri sendiri bahwa kita akan kepanasan saat tidur, maka itulah yang akan terjadi,” ujar Corson.

 

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَاهُمْ لِيَتَسَاءَلُوا بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَائِلٌ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ ۚ قَالُوا رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَابْعَثُوا أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِ إِلَى الْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَا أَزْكَىٰ طَعَامًا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا الكهف [19] Listen
And similarly, We awakened them that they might question one another. Said a speaker from among them, "How long have you remained [here]?" They said, "We have remained a day or part of a day." They said, "Your Lord is most knowing of how long you remained. So send one of you with this silver coin of yours to the city and let him look to which is the best of food and bring you provision from it and let him be cautious. And let no one be aware of you. Al-Kahf ( The Cave ) [19] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi