Rabu, 01/05/2024 - 23:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

PLN Pasang Generator Air Buatan BRIN untuk Tekan Polusi Udara

ADVERTISEMENTS

Pemasangan mist generator di Kantor Pusat PLN, Jakarta.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — PT PLN (Persero) memasang mist generator (alat semburan air) di kantor pusatnya di Jakarta, yang dikembangkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mendukung upaya pemerintah menekan polusi udara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

EVP Komunikasi Korporat dan TJSL Gregorius Adi Trianto dalam keterangannya di Jakarta, Senin (4/9/2023) menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan PLN untuk bisa menjaga kinerja operasional perusahaan lebih ramah lingkungan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Mulai dari penerapan teknologi tinggi yang mampu menekan emisi di sektor pembangkitan, penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas dan operasional serta efisiensi energi di lingkungan kerja.

ADVERTISEMENTS

“Kami mendukung segala upaya pemerintah dalam membuat udara Jakarta yang lebih baik. Berbagai langkah strategis telah kami lakukan dari sisi operasional. Kami juga memasang mist generator buatan BRIN di lantai 16 Kantor Pusat PLN untuk bisa mengurangi polusi udara,” kata Gregorius.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Bahan Penolong Tepung Terigu Dikeluarkan dari Aturan Pembatasan Impor

 

PLN menginformasikan khusus untuk mist generator yang dipakai tersebut memiliki kapasitas spraying 10 liter per menit. Dengan daya tampung 300 liter, mist generator yang digunakan PLN mampu beroperasi 24 jam dan bisa mengurangi polusi dengan signifikan.

Alat itu tidak hanya akan dipasang di Kantor Pusat PLN, tetapi juga kantor PLN lainnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Kolaborasi antara pemerintah dan PLN ini mencerminkan upaya konkret dari berbagai pihak untuk mengatasi tantangan polusi udara. Hasil dari upaya ini akan memberi peluang untuk mendapatkan data yang akurat serta mengembangkan solusi lingkungan bersih dan sehat,” ujar Gregorius.

Berita Lainnya:
Inovasi dalam Industri Pengemasan Makanan Dinilai Sangat Penting

Sebelumnya, mist generator tersebut telah dilakukan uji coba. Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto mengatakan hasilnya alat itu dapat mengurangi konsentrasi PM 2,5 secara lokal. Penggunaan mist generator tersebut juga lebih cepat dan efisien dalam menurunkan kadar PM 2,5 dibandingkan dengan penggunaan water spray-nozzle fire yang memerlukan lebih banyak air dan tenaga/pompa.

“Hasil uji coba menunjukkan bahwa mist generator efektif untuk menurunkan konsentrasi polutan dari angka kisaran 100 turun menjadi kisaran 50,” ungkap Tri.

Tri mengatakan keunggulan mist generator ialah mampu menghasilkan semburan air dengan ukuran yang halus untuk mengikat polutan agar meluruh ke permukaan tanah.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi