Rabu, 01/05/2024 - 14:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Tiga Perusahaan Bangun Kabel Bawah Laut Genjot Digitalisasi Luar Jawa

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Tiga perusahaan yakni PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), PT Pracheta Nusa Telekom (Pracheta) dan Mitsui & Co Ltd Jepang bekerja sama mengembangkan jaringan kabel optik bawah laut sepanjang total 4.100 kilometer (km) dengan nama Varuna Cable Systems untuk meningkatkan konektivitas digital di Indonesia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kolaborasi tersebut disepakati dengan penandatanganan perjanjian membentuk usaha patungan PT Varuna Cahaya Santosa (VCS) dalam momentum kemitraan untuk mengubah lanskap sektor telekomunikasi Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

CEO PT VCS dan CCSI Peter Djatmiko dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat (15/9/2023), mengatakan, Varuna Cable Systems adalah visi untuk meningkatkan lanskap digital di luar Jawa. “Melalui kerja sama dengan Matrix NAP Info (induk usaha Pracheta) dan Mitsui, kami siap menjadi pemimpin pasar dalam bisnis kabel bawah laut di Indonesia,” kata Peter.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Libur Lebaran, Masyarakat Padati Kereta Api Pertama di Sulawesi
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Inisiatif VCS bertujuan untuk mengembangkan jaringan kabel bawah laut antarpulau sepanjang 4.100 km yang diberi nama Varuna, menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia termasuk di dalamnya adalah Jawa, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan, dan Madura.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Jaringan kabel tersebut terdiri dari 2.700 km kabel bawah laut dan 1.400 km kabel darat, dengan peran pentingnya dalam menyediakan konektivitas digital ke ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Mengingat ekonomi digital yang berkembang pesat di luar Jawa, di mana infrastruktur telekomunikasi masih kurang berkembang, Varuna diharapkan muncul sebagai pilar utama untuk mendorong perwujudan visi teknologi Indonesia ke depan, kata Peter. Dikatakan, pihaknya merupakan pelopor di industri kabel optik bawah laut di Indonesia dengan Sertifikasi Internasional sejak 1996.

Berita Lainnya:
ID Survey Dukung Potensi Layanan TIC Indonesia Timur

Omar Syarif Nasution, Direktur Pracheta, menekankan bahwa kolaborasi ini semakin mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri secara inklusif.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Mitsui Indonesia, Shinichi Kikuchihara, mengatakan, Varuna merupakan proyek pembangunan bangsa khususnya di kawasan timur Indonesia. Inisiatif ini tidak hanya berkontribusi terhadap kemajuan bangsa namun juga selaras dengan strategi bisnis Mitsui dalam pengembangan infrastruktur digital.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi