Selasa, 30/04/2024 - 01:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Cara Cepat Matikan Pelacakan Lokasi di Google Maps dan Chrome

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Layanan pelacakan lokasi di ponsel Android membantu kita melakukan hal-hal seperti mencari bisnis dan mencari tahu ke mana kita harus pergi. Lokasi ini juga mempunyai kebiasaan mengawasi pergerakan kita tanpa persetujuan kita.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Hal tersebut telah mendorong banyak pengguna yang sadar privasi, menuntut pengalaman pengguna yang lebih bijaksana dari Google saat menggunakan perangkat Android mereka. Pembaruan Android 13 terbaru, yang dijuluki Android 13.1, memudahkan kita menyesuaikan privasi sesuai kebutuhan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Google menggunakan banyak cara untuk melacak data kita, dan kita harus memeriksa detail akun Google untuk memastikan semua informasi pelacakan dinonaktifkan. Ini termasuk layanan lokasi, web, dan riwayat pencarian. Dilansir dari Android Police, Ahad (17/9/2023), berikut ini adalah cara mematikan pengaturan riwayat lokasi Google di aplikasi Google.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tempat terbaik untuk menonaktifkan pengaturan lokasi adalah memulai dengan aplikasi Google. Pembaruan terkini pada aplikasi memudahkan untuk menemukan dan mematikan layanan lokasi yang dapat dilakukan dengan tahapan berikut ini:

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 • Buka aplikasi Google.

 • Ketuk gambar profil di pojok kanan atas, dan pilih Akun Google.

 • Pilih Data & privasi, serta gulir ke bawah dan ketuk Riwayat Lokasi.

Berita Lainnya:
MacBook M4 Diperkirakan Akan Dirilis Pada Akhir 2024

 • Kemudian gulir lagi ke bawah hingga menemukan bagian bertanda Riwayat Lokasi. Sebuah indikator akan memberi tahu kita apakah layanan aktif atau nonaktif. Jika aktif, pilih menu tarik-turun di sebelah kanan indikator yang bertuliskan Matikan, dan ketuk Matikan.

Maka akan terlihat konfirmasi bahwa pengaturan lokasi telah diubah dan riwayat lokasi tidak aktif. Baru kemudian pilih Mengerti untuk kembali ke menu Google, dan keluar dari pengaturan.

Jika ingin mematikan riwayat lokasi dan menghapus semua data sebelumnya, pilih Matikan dan hapus aktivitas dari menu tarik-turun. Kemudian, ikuti langkah-langkah untuk menonaktifkan layanan dan menghapus riwayat data.

Setelah menonaktifkan riwayat lokasi di akun Google, perubahan berlaku untuk semua perangkat yang ditautkan ke akun tersebut. Kemampuan Google untuk melacak data lokasi ini saat menggunakan layanannya, kini telah berkurang.

Google Maps adalah salah satu aplikasi terpenting di ponsel Android. Kemampuan untuk mencari lokasi bisnis dan mendapatkan petunjuk arah ke suatu tempat, adalah fitur yang digunakan oleh jutaan orang setiap hari.

Namun, mungkin kita ingin melarang Google Maps mengakses riwayat lokasi, atau mungkin ingin menghapus beberapa pencarian sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengaturnya:

Berita Lainnya:
Bocoran Terbaru Sebut iPhone 16 Dilapis Titanium Baru yang Dipoles

• Buka aplikasi Google Maps.

• Ketuk gambar profil kita di sudut kanan atas.

• Pilih Data kita di peta dari menu.

• Gulir ke bawah ke Riwayat Lokasi. Ada indikator yang bertuliskan “hidup”. Ketuk panah di sebelah kanan indikator.

• Temukan bagian Riwayat Lokasi, lalu pilih Matikan. Kita akan melihat konfirmasi bahwa layanan lokasi telah dimatikan di Google Maps.

Seperti halnya aplikasi Google, kita juga dapat memilih opsi tarik-turun Matikan, menghapus data yang tersimpan dan menghapus akses lokasi Google.

Kemudian, pada Google Chrome, layanan web default yang sudah diinstal bawaan di perangkat Android, tetap menjadi pilihan populer untuk browsing. Berikut ini adalah cara mematikan layanan lokasi di Google Chrome, sehingga kita dapat menjelajahi web tanpa terlacak.

• Buka Chrome.

• Ketuk tiga titik di pojok kanan atas untuk mengakses menu, lalu pilih Pengaturan.

• Gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan situs.

• Pilih lokasi.

• Di submenu di sebelah Lokasi, Anda akan menemukan tombol pengalih di sebelah kanan. 

• Pilih untuk mematikan layanan lokasi.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi