Minggu, 05/05/2024 - 02:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

PG Assembagoes Situbondo Jalin Kemitraan dengan Petani Tebu

ADVERTISEMENTS

Pabrik Gula Assembagoes di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

SITUBONDO — Manajemen Pabrik Gula Assembagoes, Situbondo, Jawa Timur, terbuka menjalin kemitraan dengan semua pihak selama musim giling termasuk para petani tebu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kami selalu terbuka dan melibatkan petani tebu dengan bingkai kemitraan, segala sesuatu dibicarakan di forum temu kemitraan termasuk di antaranya terkait kualitas tebangan,” kata General Manajer PG Assembagoes Situbondo Mulyono dalam keterangannya di Situbondo, Jawa Timur, Ahad (24/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dia menjelaskan bahwa forum temu kemitraan merupakan wadah komunikasi antara manajemen pabrik gula dengan petani tebu mitra diadakan secara berkala ketika menjelang musim giling dimulai.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sebelumnya, lanjut Mulyono, pada saat forum temu kemitraan wilayah dan forum temu kemitraan PG khusus menjelang musim giling sudah membahas terkait teknis giling mulai pola kemitraan yang tahun ini berupa bagi hasil hingga penentuan kualitas bahan baku tebu yang dikirim ke pabrik gula, dan menjadi kesepakatan dalam kontrak giling. Mulyono menyampaikan kriteria yang ditetapkan yaitu manis bersih segar yang berarti tebu yang ditebang sesuai tingkat kemasakannya, bersih dari pucukan, sogolan, daduk dan trash serta segar (green cane) karena mempengaruhi rendemen.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pabrik Gula SGN Siap Memulai Giling Tebu Petani

Sementara Manajer Kualitas PG Assembagoes Lukman menambahkan kualitas bahan baku akan kembali kepada petani tebu sehingga sangat penting menjaga objektivitas dalam menilai kualitas tebu. “Kalau memang sesuai standar manis bersih segar (MBA) ya dimasukkan dalam klasifikasi A, selanjutnya disesuaikan sesuai persentase kadar trash dan MBS-nya,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Analis: Konflik Iran-Israel Berpotensi Ganggu Pertumbuhan Ekonomi RI

Lukman juga menanggapi pengaduan salah satu petani terkait kriteria bahan baku tebu. Dia menyatakan bahwa manajemen PG Assembagoes sudah mempersilahkan pengurus Asosiasi Petani Tebu Rakyat setempat untuk turut memantau proses giling di di PG Assembagoes.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Di forum temu kemitraan, manajemen sudah menyampaikan agar APTR menempatkan petugas untuk turut memantau proses giling sebagaimana giling tahun sebelumnya terakhir dilakukan di tahun 2017, ada petugas dari APTR karena tahun sesudahnya pola menjadi SPT bukan bagi hasil. Kami juga sudah menjelaskan dan mengajak yang bersangkutan untuk turut memeriksa dokumen dan rekaman CCTV untuk validasinya,” katanya.

 

 

 

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi