Sabtu, 25/05/2024 - 02:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Optimisme Konsumen Tetap Kuat, Ini Penyebabnya

 JAKARTA — Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil survei konsumen September 2023. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan hasil survei tersebut mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) September 2023 yang terjaga dalam zona optimis pada level 121,7,” kata Erwin dalam pernyataan tertulisnya, Senin (9/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Erwin menjelaskan, tetap kuatnya keyakinan konsumen pada September 2023 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE). Begitu juga dengan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tetap optimis.

“IKE tetap terjaga didukung oleh optimisme pada semua komponen pembentuknya, terutama Indeks Penghasilan Saat Ini. Sementara itu, IEK tetap kuat terutama ditopang oleh Indeks Ekspektasi Penghasilan,” jelas Erwin.

Berita Lainnya:
ESDM dan PLN Pastikan Progres Penyediaan Listrik IKN Lancar  

Dalam survei tersebut juga memperlihatkan, optimisnya IKE September 2023 didorong oleh tetap kuatnya semua komponen pembentuknya. Indeks pembelian barang tahan lama tercatat sebesar 109,3 menurun 2,3 poin dari Agustus 2023.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selanjutnya, indeks penghasilan saat ini dan indeks ketersediaan lapangan kerja juga menurun masing-masing sebesar 3,4 poin dan 4,2 poin menjadi 117,6 dan 109,6 pada September 2023. Secara spasial, sebagian besar kota mencatat penurunan IKE dan terdalam di Kota Pangkal Pinang (19,8 poin), diikuti Surabaya (13,4 poin), dan Mataram (9,8 poin).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pemprov Kalbar dan BI Adopsi Digital Farming untuk Produktivitas Pertanian

Sementara itu, sebagian kota lainnya mencatat peningkatan IKE. Terbesar tercatat di Kota Medan (14,5 poin), diikuti Padang (8,5 poin), dan Palembang (3,4 poin).

Pada September 2023, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goods terpantau menurun. Terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 2,1-3 juta. Berdasarkan kelompok usia, Indeks Pembelian Durable Goods juga terindikasi turun, terutama pada kelompok responden dengan usia di atas 60 tahun.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi