Rabu, 01/05/2024 - 15:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Berdampak pada Cuaca Seluruh Dunia, Apa Itu El Nino yang Kuat?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Ungkapan El Nino yang kuat akan datang muncul. El Nino sendiri memiliki sebuah pola. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dilansir The Conversation, Kamis (19/10/2023), pada tahun normal, suhu permukaan laut terpanas terjadi di Pasifik bagian barat dan Samudra Hindia, yang dikenal sebagai kolam hangat Indo-Pasifik. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Namun setiap beberapa tahun, Aaron Levine, ilmuwan atmosfer di University of Washington yang penelitiannya berfokus pada El Nino menjelaskan, angin pasat yang bertiup dari timur ke barat melemah, sehingga air hangat mengalir ke arah timur dan menumpuk di sepanjang khatulistiwa. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Air hangat menyebabkan udara di atasnya menghangat dan naik, memicu curah hujan di Pasifik tengah dan mengubah pola sirkulasi atmosfer di seluruh cekungan. Pola ini dikenal sebagai El Nino dan dapat memengaruhi cuaca di seluruh dunia. 

ADVERTISEMENTS

Sementara itu definisi paling dasar El Nino yang kuat terjadi ketika suhu rata-rata permukaan laut di Pasifik khatulistiwa setidaknya 1,5 derajat Celsius lebih hangat dari biasanya. Ini diukur dalam kotak imajiner di sepanjang khatulistiwa, kira-kira di selatan Hawaii, yang dikenal sebagai Indeks 3.4. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Bandara Djalaluddin Gorontalo Ditutup Sementara

Namun El Nino merupakan fenomena laut-atmosfer yang terjadi bersamaan, dan atmosfer juga memainkan peranan penting. 

Hal yang mengejutkan mengenai El Nino tahun ini— dan hingga saat ini— adalah bahwa atmosfer tidak merespons sebanyak yang kita perkirakan berdasarkan kenaikan suhu permukaan laut. 

Tahun ini, dibandingkan dengan peristiwa El Nino besar lainnya — seperti tahun 1982-1983, 1997-1998, dan 2015-2016 — kita tidak melihat perubahan yang sama pada lokasi terjadinya curah hujan. Butuh waktu lebih lama untuk berkembang, dan tidak sekuat itu. 

Mungkin sebagian dari hal ini ada hubungannya dengan suhu seluruh daerah tropis yang sangat panas. Tapi ini masih merupakan bidang penelitian yang sedang berkembang. 

Pertanyaan besar dan terbukanya adalah bagaimana El Nino akan berubah seiring dengan pemanasan global. El Nino hanya terjadi setiap beberapa tahun sekali, dan terdapat variabilitas antar kejadian yang cukup besar, sehingga sulit untuk mendapatkan data dasar. 

Berita Lainnya:
PVMBG Cabut Status Peringatan Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang

Sering kali selama peristiwa El Nino-khususnya peristiwa El Nino kuat— anomali suhu permukaan laut menurun dengan sangat cepat selama musim semi di Belahan Bumi Utara. Hampir semuanya berakhir pada bulan April atau Mei. 

Salah satu alasannya adalah El Nino menyebabkan kehancuran pada dirinya sendiri . Ketika El Nino terjadi, air hangat tersebut habis dan volume air hangat menyusut. Akhirnya bahan bakarnya terkikis. 

Permukaan bumi mungkin tetap hangat untuk sementara waktu, namun setelah panas dari bawah permukaan hilang dan angin pasar kembali muncul, peristiwa El Nino akan terhenti. Pada akhir peristiwa El Nino yang lalu, anomali permukaan laut turun dengan sangat cepat dan kita melihat kondisi biasanya beralih ke La Nina. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi