Selasa, 21/05/2024 - 23:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Xi Ingatkan Vietnam tak Lupa Sejarah Persahabatan Dua Negara

Presiden Cina Xi Jinping.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 BEIJING — Presiden Cina Xi Jinping mengatakan kepada pejabat tertinggi kedua Vietnam kedua negara tidak boleh melupakan “tujuan awal” dari persahabatan tradisional mereka.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Cina dan Amerika Serikat (AS) berebut pengaruh di antara negara-negara Asia Tenggara termasuk Vietnam yang pada bulan September meningkatkan hubungannya dengan Washington menjadi kemitraan strategis yang komprehensif. Menempatkan AS setara dengan Beijing dan Moskow.

Cina secara tradisional memiliki hubungan yang kuat dengan Vietnam sejak hubungan diplomatik didirikan pada tahun 1950, meskipun terjadi perang singkat pada tahun 1979. Beijing mendukung perjuangan Hanoi melawan mantan penguasa kolonial Prancis, dan kemudian, melawan Saigon dan AS selama Perang Vietnam.

Berita Lainnya:
Tak Ada yang Selamat, Presiden Iran Raisi Dilaporkan Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

“Dihadapkan dengan situasi internasional yang terus berubah dan tugas-tugas pembangunan domestik yang berat, kedua negara tidak boleh melupakan tujuan awal dari persahabatan tradisional mereka,” kata Xi kepada Presiden Vietnam yang sedang berkunjung, Vo Van Thuong, Jumat (20/10/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Thuong, orang nomor dua di Vietnam setelah Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong. Ia mengadakan pembicaraan dengan Xi usai menghadiri Belt and Road Forum di Beijing.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pada awal Oktober dilaporkan para pejabat Vietnam dan Cina sedang mempersiapkan kemungkinan kunjungan Xi ke Hanoi pada akhir Oktober atau awal November.

Berita Lainnya:
Polisi Prancis Masuk Kampus Sciences Po Bubarkan Protes Pro Palestina

“Kedua belah pihak harus mematuhi prinsip konsultasi bersama,” kata Xi kepada Thuong.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Ia menambahkan Cina dan Vietnam harus memanfaatkan kedekatan geografis dan saling melengkapi industri mereka. Tidak disebutkan adanya kunjungan Xi dalam laporan media pemerintah Cina mengenai pertemuan mereka.

Pada Rabu (19/10/2023) media pemerintah Vietnam melaporkan  Presiden Rusia Vladimir Putin menerima undangan dari Thuong untuk “segera” mengunjungi Vietnam saat mereka bertemu di sela-sela Belt and Road Forum. Pada bulan September, Presiden AS Joe Biden mengunjungi Hanoi.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi