Selasa, 21/05/2024 - 23:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Kata-kata Positif di Media Sosial Ternyata Bisa Pengaruhi Citra Tubuh

Olahraga di rumah (ilustrasi). Pengguna media sosial, khususnya dari kalangan remaja putri, cenderung sensitif terhadap masalah citra tubuh setelah menghabiskan terlalu banyak waktu online.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Pengguna media sosial mungkin sering mendapati kata-kata positif soal kebugaran serta kesehatan di berbagai unggahan yang berseliweran di linimasa. Ternyata, hal tersebut terbukti bisa memengaruhi citra tubuh dan kesehatan mental.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dikutip dari laman Study Finds, Selasa (14/11/2023), temuan itu diungkap oleh para peneliti di Washington State University. Menambahkan beberapa kata apresiasi tubuh pada postingan media sosial dapat membantu menghilangkan pengaruh negatif sebuah unggahan.

Dalam studi, dikatakan bahwa pengguna media sosial, khususnya dari kalangan remaja putri, cenderung sensitif terhadap masalah citra tubuh setelah menghabiskan terlalu banyak waktu online. Namun, kalimat apresiasi sederhana seperti “Cintai tubuhmu” akan mengurangi dampak negatif media sosial itu terhadap kesehatan mental.

Berita Lainnya:
Video Perundungan Siwsi SMP Bojonggede Viral, KPAI Minta Dihapus dari Media Sosial

Hasil studi telah dipublikasikan di jurnal Health Communication. Pesan-pesan serupa dengan yang dicontohkan efektif meningkatkan rasa sayang dan apresiasi pengguna media sosial terhadap tubuh mereka sendiri. Setidaknya, efek demikian bisa bertahan dalam jangka pendek.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kalimat itu dapat berfungsi sebagai faktor pelindung. Ini mungkin dianggap sebagai sesuatu yang sangat sepele, hanya beberapa komentar, namun bisa diberikan oleh influencer pada postingan mereka,” kata penulis senior studi, Jessica Willoughby.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Kesehatan Mental Remaja Memburuk Sejak 2012, Media Sosial Jadi Penyebabnya?

Bersama tim, Willoughby melibatkan 200 perempuan muda usia kuliah dalam penelitian. Lantas, para peneliti meminta peserta untuk melihat berbagai rangkaian postingan Instagram yang dimanipulasi dari influencer kebugaran “betulan” yang memiliki jutaan pengikut.

Setiap kelompok melihat serangkaian postingan tertentu yang menampilkan gambar yang diobjektifikasi dan teratur dengan atau tanpa pesan apresiasi tubuh. Gambar yang diobjektifikasi menampilkan influencer berpakaian minim yang berpose dengan fokus pada bagian tubuh tertentu.

ADVERTISEMENTS

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi