Rabu, 17/07/2024 - 16:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Takut Liburan karena Covid-19 Naik? Tenang, Ini Ide Aktivitas Menarik di Rumah untuk Anak

JAKARTA — Momen libur sekolah kerap dimanfaatkan orang tua untuk mengajak anak-anak berwisata atau berlibur. Namun, ada kalanya orang tua tidak bisa melakukan hal ini sehingga anak harus menghabiskan masa liburan di rumah.


Ada beragam faktor yang membuat orang tua memilih untuk tidak berpergian saat anak libur sekolah. Sebagian di antaranya adalah keterbatasan keuangan dan kasus Covid-19 yang kembali meningkat belakangan ini.



Tentu, menghabiskan momen liburan di rumah bukan hal yang buruk. Dengan menuangkan sedikit kreativitas, orang tua bisa menciptakan pengalaman liburan yang seru bagi anak meski hanya di rumah.



Opsi kegiatan seru yang bisa dilakukan orang tua dan anak di rumah selama libur sekolah hampir tidak terbatas. Berikut ini adalah sembilan ide kegiatan yang dapat menjadi inspirasi, seperti dilansir dari berbagai sumber pada Senin (18/12/2023):



1. Menonton televisi bersama



Orang tua dan anak bisa membuat daftar film yang mereka sukai dan ingin mereka tonton bersama di layanan streaming film. Agar aktivitas menonton terasa lebih seru, orang tua bisa sedikit menata area ruang keluarga agar terasa lebih nyaman sebagai tempat menonton. Bila perlu, persiapkan cemilan yang murah dan lezat seperti popcorn untuk menemani aktivitas menonton bersama ini.



2. Buat camilan lezat



Tak lengkap rasanya melalui momen libur sekolah tanpa ditemani oleh cemilan menggiurkan. Dalam hal ini, orang tua bisa melibatkan anak untuk membuat cemilan yang mereka sukai bersama-sama.



Tak hanya camilan, orang tua juga dapat melibatkan anak untuk masak bersama selama libur sekolah. Melibatkan anak dalam proses memasak dapat mengasah keterampilan sensorik dan motorik anak, hingga mempererat hubungan antara orang tua dan anak.



3. Fotografi



Ajak anak untuk melakukan “Hari Fotografi” dan dorong mereka untuk mengabadikan beragam objek ke dalam foto. Selama kegiatan ini berlangsung, orang tua bisa meminjamkan kamera dari ponsel mereka kepada anak.



Biarkan anak mengeksplorasi kreativitasnya dan mencari objek menarik untuk difoto. Orang tua dan anak juga bisa menentukan satu objek yang sama untuk difoto, namun dengan sudut pandang yang berbeda.

4. 

Membuat kreasi kardus



Manfaatkan kardus bekas di rumah untuk membuat kerajinan bersama anak. Kerajinan yang dapat dibuat dengan kardus sangat beragam, mulai dari rumah boneka, stasiun luar angkasa, boneka. Sesuaikan saja aktivitas membuat kreasi kardus ini dengan selera anak.



5. Bermain peran

Anak-anak sangat menyukai bermain peran misalnya berpura-pura menjadi penjual di supermarket. Untuk menunjang imajinasi anak saat bermain pura-pura, orang tua dapat memanfaatkan beragam barang di rumah sebagai perangkat pendukung. Sebagai contoh, membuat uang mainan dari kertas bekas dan menyusun beragam benda seperti layaknya rak-rak atau etalase toko di supermarket.



6. “Olimpiade” rumahan



Ajak anak untuk melakukan “lomba” sederhana yang menyenangkan. Sebagai contoh, mengajak anak untuk lomba lari sambil memegang sendok berisi telur hingga lompat karung bersama dengan anak-anak tetangga atau adik dan kakak di rumah.

7. Baca buku



Orang tua dan anak bisa bersantai sambil membaca buku bersama. Siapkan keranjang kecil dan minta anak mengisinya dengan buku-buku yang dia sukai.

Orang tua juga bisa mengajak anak untuk menulis cerita bersama-sama.

 Bila anak sudah cukup besar untuk bisa membaca sendiri, orang tua dan anak bisa membaca satu judul buku yang sama. Setelah itu, lakukan diskusi ringan terkait buku yang mereka baca tersebut.

8. 

Olahraga bersama



Meski sedang menjalani masa liburan, orang tua perlu mendorong anak agar tetap aktif bergerak. Orang tua bisa mengajak anak menari bersama hingga berlari-larian di halaman rumah.



9. Indoor bowling



Main bowling di dalam rumah juga dapat menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak. Untuk melakukan indoor bowling, orang tua tak harus membeli mainan bowling khusus untuk anak.



Orang tua dapat memanfaatkan gelas-gelas plastik, botol plastik, atau tisu gulung sebagai bowling pin. Selain itu, orang tua juga bisa memanfaatkan bola apa pun yang ada di rumah sebagai bola bowling untuk dimainkan oleh anak. 

1 2

Reaksi & Komentar

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَن يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِن دُونِي أَوْلِيَاءَ ۚ إِنَّا أَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكَافِرِينَ نُزُلًا الكهف [102] Listen
Then do those who disbelieve think that they can take My servants instead of Me as allies? Indeed, We have prepared Hell for the disbelievers as a lodging. Al-Kahf ( The Cave ) [102] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi