Kamis, 02/05/2024 - 07:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

OIKN dan Pemda PPU Siapkan Pendataan Pekerja IKN Jelang Pemilu

ADVERTISEMENTS

Pekerja berjalan dengan latar belakang pembangunan Istana Negara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (7/12/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Achmad Jaka Santos Adiwidjaya mengatakan, persiapan penyelenggaraan pemilu di IKN menjadi salah fokus Otorita IKN. Persiapan tersebut dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) PPU mengingat pemilu akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut Achmad Jaka, diperlukan data pekerja IKN yang mutakhir menjelang penyelenggaraan pemilu. Ini mengingat pola mobilitas pekerja yang sangat tinggi. Hal ini disampaikannya saat menghadiri rapat koordinasi rencana penyelenggaraan Pemilu 2024 di IKN, di Kantor Bupati Penajam Paser Utara (PPU).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Komisi Yudisial Catatkan 52 Laporan Perkara Pidana Pemilu 2024
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Data pekerja tersebut diperlukan sehingga KPU dapat menyiapkan surat suara dan tempat pemungutan suara sesuai jumlah pekerja sebagai daftar pemilih tambahan di wilayah IKN. Untuk itu harus ada kerja sama yang intens antara semua pihak,” kata dia, dikutip dari siaran pers OIKN pada Senin (15/1/2024).

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun menambahkan pendataan para pekerja yang keluar masuk IKN perlu dilakukan. Pemerintah, kata dia, siap memfasilitasi semua kebutuhan terkait sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Pertamina Tambah 2,9 Juta Tabung LPG untuk Lebaran di Jatim  

Otorita IKN terus berkoordinasi dengan Pemda PPU, KPU PPU, dan Bawaslu PPU dalam penyelenggaraan pemilu. Sehingga hak suara para pekerja IKN terpenuhi, meskipun secara Undang-Undang penyelenggaraan pemilu masih menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.

Dalam rapat tersebut juga disepakati pembentukan tim terpadu untuk mendata jumlah pekerja dan pekerja mana saja yang akan menyuarakan haknya di TPS yang ada di IKN. Para pekerja tersebut nantinya akan langsung didaftarkan ke KPU Provinsi Kalimantan Timur.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi