Selasa, 30/04/2024 - 05:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Bandara Hang Nadim Batam Layani 132 Penerbangan pada Puncak Arus Mudik

ADVERTISEMENTS

BATAM — Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, melayani sebanyak 132 penerbangan pada puncak arus mudik Lebaran 2024.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah di Batam, Senin, mengatakan puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (6/4) dengan jumlah penumpang mencapai 20.192 orang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Puncak arus mudik telah terjadi pada Sabtu tanggal 6 April 2024 dengan jumlah penumpang 20.192 orang,” ujar Pikri.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia menyampaikan bahwa pada mudik tahun ini, tujuan Jakarta, Padang, Pekanbaru, dan Surabaya menjadi rute yang mendominasi arus mudik.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menurut Pikri, sejak tanggal 3-7 April, Bandara Internasional Hang Nadim Batam telah memberangkatkan 80 ribu penumpang, naik 32 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Alhamdulillah sampai dengan H-2 Lebaran kita tetap lancar dan diberikan kemudahan kelancaran dan juga semua berjalan sesuai dengan rencana,” kata dia.

Untuk momentum Lebaran 2024, Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri), melayani 37 penerbangan ekstra.

Berita Lainnya:
Urai Kepadatan, Kemenhub Tambah Armada Rute Panjang-Ciwandan

Direktur Operasi PT Bandara Internasional Batam (BIB) Nugroho Jati menyebutkan 37 penerbangan ekstra itu didominasi dengan tujuan Batam-Jakarta, Batam-Medan, Batam-Pekanbaru, dan sebaliknya.

“Maskapai yang melayani untuk penerbangan tambahan ada Citilink, Super Air Jet, dan Lion Air,” ujar dia.

Nugroho mengatakan, Bandara Hang Nadim Batam tetap siaga 24 jam untuk mengantisipasi dan melayani jika ada pendaratan darurat, baik penerbangan domestik maupun internasional.

“Penerbangan ekstra semuanya pagi sampai sore, jadi tidak ada yang sampai malam. Namun, kalau untuk kondisi darurat kita siaga 24 jam jika ada pesawat yang mendarat darurat ke Batam,” kata dia.

Pikri menyebutkan sebanyak empat unit pesawat berbadan besar (airbus) melayani arus mudik Lebaran 2024. Empat unit pesawat airbus tersebut dari maskapai Lion Air. Ia memperkirakan pada hari ini, Hang Nadim Batam akan melayani sekitar 18 ribu penumpang.

“Setiap hari (jumlah penerbang) berbeda-beda penerbangan. Jadi ada yang 132 penerbangan, 118 penerbangan sampai 120 penerbangan tergantung permintaan,” ujar Pikri.

Berita Lainnya:
Anak Lebih Rentan Mabuk Perjalanan, Bagaimana Cara Mengatasi Gejalanya?

Sebelumnya pada puncak arus mudik (6/4) terdapat delapan pesawat airbus dari Garuda Indonesia dan Lion Air yang melayani momen mudik Lebaran. Ia menyampaikan total penumpang per hari dengan rata-rata 18 ribu orang, dan yang tertinggi pada puncak arus mudik 6 April mencapai 20 ribu.

Pikri mengimbau para pemudik untuk melakukan cek in online sebelum keberangkatan guna mengatasi penumpukan penumpang di ruang tunggu keberangkatan pada puncak arus mudik Lebaran.

Ia menyebutkan seluruh maskapai sudah memiliki fasilitas untuk melakukan cek in online.

“Kalau dilihat di konter hanya 1-2 penumpang yang belum melakukan online cek in atau mungkin tidak punya fasilitas atau hal-hal yang lain mungkin, seperti ada yang hamil atau membawa anak-anak. Selebihnya semua menggunakan online cek-in,” ujar Pikry.

Ia menyebutkan hampir 95 persen penumpang sudah melakukan online cek-in pada saat momen Lebaran.

 

“Sehingga proses cek-in lebih cepat walaupun ada antrean tapi cepat sekali,” kata dia.

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi