Selasa, 21/05/2024 - 07:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Cemas Saat Bepergian? Atasi dengan 5 Trik Simpel Ini

Stres dan cemas saat bepergian (ilustrasi). Ada beberapa hal yang dapat dicoba untuk mengatasi stres maupun rasa cemas saat bepergian.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Sebagian orang tidak menikmati momen bepergian selama liburan, bahkan mengalami stres dan kecemasan di perjalanan. Ada banyak hal yang bisa memicunya, seperti kemacetan, anggota keluarga yang banyak, atau kondisi di destinasi yang dituju.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Para pakar perjalanan mengatakan hal itu lazim terjadi, dan ada beberapa hal yang dapat dicoba untuk mengatasi stres maupun rasa cemas. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sehingga Anda bisa tetap menikmati perjalanan sepenuhnya, dikutip dari laman Reader’s Digest, Senin (15/4/2024):

1. Cari tahu penyebab rasa cemas

Untuk dapat mengatasi rasa cemas atau stres di perjalanan, seseorang perlu memahami penyebabnya. Misalnya, karena akan berada di jalan selama berjam-jam, hal-hal di luar kendali, atau dikelilingi banyak orang di bandara. Setelah mengetahui pemicunya, buat rencana dan cari cara terbaik untuk menanganinya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Empat Skincare yang Dibutuhkan Penderita Rosacea

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

2. Rencanakan perjalanan sedetail mungkin

Salah satu penyebab cemas saat bepergian adalah karena keluar dari zona nyaman dan tidak ada kendali penuh atas segalanya. Untuk membantu meredakan rasa cemas itu, cobalah merencanakan perjalanan sedetail mungkin. Tuliskan rencana perjalanan, dan pikirkan tindakan alternatif untuk segala sesuatu.

ADVERTISEMENTS

3. Manfaatkan teknik relaksasi 

ADVERTISEMENTS

Pernapasan dalam dengan menarik napas panjang melalui hidung lalu mengembuskannya perlahan melalui mulut merupakan teknik yang terbukti membantu mengurangi perasaan stres.  Cara lain yang bermanfaat untuk menenangkan pikiran adalah dengan teknik mindfulness, bermeditasi, dan mendengar musik.

Berita Lainnya:
Tanda Awal Anak Alami Depresi, Orang Tua Perlu Waspada

4. Bawalah barang yang membuat bahagia

Membawa barang-barang pribadi yang membuat gembira bisa sangat berguna dalam mengalihkan perhatian dari perasaan negatif.  Ini dapat mencakup benda-benda fisik seperti boneka, jurnal harian, buku untuk dibaca, alat permainan, atau buat daftar putar lagu-lagu favorit yang bisa didengar selama perjalanan.

5. Jaga kesehatan fisik

Menjaga kesehatan fisik adalah cara yang bagus untuk mengurangi perasaan cemas dan stres. Jelang perjalanan, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan bugar dan sehat. Tak ada salahnya melakukan persiapan dengan berjalan santai, menghabiskan waktu di luar ruangan, atau mengunjungi taman setempat. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi