Selasa, 30/04/2024 - 01:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Pernah Dibui Akibat Edit Gen Bayi, Ilmuwan China Kini Cari Obat Penyakit Genetik Langka

ADVERTISEMENTS

Ilmuwan China, He Jiankui, mempresentasikan karyanya pada KTT Internasional Kedua tentang Pengeditan Genom Manusia, di University of Hong Kong di Hong Kong, 28 November 2018. Dia dijatuhi hukuman tiga tahun penjara pada tanggal 31 Desember 2019 karena praktik ilegal, menciptakan bayi kembar pertama di dunia yang diedit secara genetik. Kritikus menyebut karya ilmuwan tersebut tidak diperlukan secara medis dan dipertanyakan secara etika.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Seorang ilmuwan asal China, He Jiankui, pernah berurusan dengan hukum karena melakukan penyuntingan atau pengeditan genetik bayi. Setelah menjalani hukuman penjara hingga 2022, kini Jiankui kembali ke laboratorium untuk tujuan mulia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Rocket Lab Luncurkan Teknologi Pelayaran Surya NASA Baru ke Orbit
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Jiankui mengumumkan bahwa dia melanjutkan penelitian tentang penyuntingan genom pada embrio manusia. Bedanya, saat ini riset Jiankui bertujuan untuk mengobati penyakit genetik langka, seperti distrofi otot Duchenne dan penyakit Alzheimer familial.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami (Jiankui dan timnya) akan menggunakan embrio manusia yang dibuang dan mematuhi peraturan domestik dan internasional,” ujar Jiankui, dikutip dari laman Metro, Senin (1/4/2024).

ADVERTISEMENTS

Pada 2018, Jiankui mengumumkan kelahiran bayi pertama di dunia yang sudah mengalami penyuntingan gen. Media China melaporkan bahwa Jiankui mulai memodifikasi gen embrio selama proses fertilisasi in vitro untuk delapan pasangan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pada pasangan tersebut, salah satunya terinfeksi HIV. Jiankui lalu memodifikasi gen tersebut menggunakan alat yang dikenal sebagai Crispr-Cas9 untuk menghentikan penularan virus.

Berita Lainnya:
Menko PMK Pastikan Penanganan Longsor di Tol Bocimi Berjalan Lancar

Namun, para pakar lainnya mengatakan hal ini dapat menyebabkan permintaan akan “bayi yang didesain”. Crispr-Cas9 adalah alat yang melakukan pengeditan DNA secara presisi, di mana para ilmuwan mencari enzim pemotong DNA dan label kecil yang memberi tahu enzim tersebut di mana harus memotong.

Para ilmuwan mengedit tag itu dan dapat membuat pemotongan yang tepat dengan menargetkan wilayah DNA tertentu. Ini juga dapat digunakan untuk membungkam gen atau mematikannya. Pada konferensi genetika internasional, Jiankui mengungkapkan bahwa ia memodifikasi gen anak perempuan kembar.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi