Selasa, 21/05/2024 - 23:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Sering Dikira Penyakit Keturunan, Sebetulnya Apa yang Membuat Anak Kena Diabetes Tipe 1?

Diabetes pada anak (ilustrasi). Diabetes tipe 1 terjadi karena autoimun, bukan faktor keturunan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang biasanya dialami oleh orang dewasa. Sementara itu, diabetes tipe 1 paling banyak terdeteksi pada anak usia balita hingga remaja.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Masyarakat awam pun banyak yang mengira diabetes tipe 1 merupakan penyakit keturunan. Diabetes melitus tipe 1 diyakini disebabkan oleh faktor keturunan yang diwariskan oleh orang tuanya.

“Kalau (diabetes) tipe 1 itu kebanyakan bukan karena keturunan, tapi karena autoimun menyerang atau imunnya menyerang tubuhnya sendiri, sehingga terjadi kerusakan pada pankreas, dan kebutuhan insulin tidak terbentuk, sehingga fungsi insulinnya tidak ada,” jelas dokter spesialis endokrinologi anak dari RSAB Harapan Kita, Jakarta, Aditya Suryansyah, dalam diskusi mengenai kesehatan anak dengan diabetes yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Berita Lainnya:
Anemia Aplastik Akibat Konsumsi Obat Sakit Kepala Jarang Terjadi

Dokter Adit menjelaskan diabetes tipe 1 biasanya dialami oleh anak pada usia 6-11 tahun. Penyakit datang dengan gangguan berupa gula darah yang dihasilkan dari makanan tidak dapat diolah tubuh untuk menjadi energi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kasus diabetes yang umumnya diturunkan oleh orang tua kepada anak, lanjut dr Adit, adalah diabetes tipe 2. Biasanya, penyakit ini didapatkan anak dari ibu yang melahirkan dalam keadaan memiliki diabetes.

Berita Lainnya:
China Anjurkan 'Metode Kanguru' untuk Bayi Prematur, Apa Itu?

“Biasanya, anaknya lahir dengan badan besar. Kemungkinan akan terjadi (diabetes pada anaknya) kalau dia pola hidupnya, berat badannya meningkat terus. Kemungkinan nanti akan terjadi diabetes tipe 2. Kalau (diabetes) tipe 1, biasanya autoimun, bisa terjadi kapan saja,” ungkapnya.

ADVERTISEMENTS

Dokter Adit mengungkapkan ada beberapa indikasi anak dengan diabetes. Anak biasanya akan sering buang air kecil serta memiliki kondisi lapar dan haus yang berlebihan.

ADVERTISEMENTS

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi