Jumat, 24/05/2024 - 14:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNETTEKNOLOGI

Pentingnya Literasi Digital untuk Membangun Interaksi dengan Pelanggan Via Medsos

Selalu ingat untuk aktifkan fitur privasi dan tidak sembarangan menyebarkan data.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 MEDAN — Dunia digital kini tak bisa lepas lagi dari kehidupan sehari-hari, termasuk dalam mengembangkan usaha baik kecil hingga besar. Merespons hal ini, Kementerian Komunikasi dan Kemenkominfo memberikan literasi digital kepada masyarakat dan komunitas di Sumatra dengan tema ‘Tips digital: membangun interaksi pelanggan via media sosial’ via webinar.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan


Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang, menghadirkan narasumber Lucy Ayu Daningsih, Anggota Digimom & Praktisi Literasi Digital; Soni Mongan, Ketua Divisi Komunitas Siberkreasi; Denisa Nur, Head of RnD Urban Sakola & Praktisi Literasi Digital, sebagai narasumber.


Lucy Ayu Daningsih membahas mengenai Tips membangun interaksi pelanggan via media sosial ditinjau dari perspektif cakap digital. ”Berinteraksi dengan pelanggan dapat memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan. Hubungan yang kuat antara bisnis dan pelanggan dapat membantu bisnis mempertahankan basis pelanggan dan bisnis itu sendiri. Empat manfaat yang perlu kita pahami jika berhasil membangun interaksi dengan pelanggan,” kata dia, Ahad (21/8/2022).

Berita Lainnya:
Lunix Memperkenalkan Vape Draco pada Acara JIVE di Jiexpo Kemayoran


Pertama, kata dia, mampu meningkatkan keyakinan konsumen dengan produk kita. Kedua, dapat dijadikan media untuk meningkatkan kualitas produk dengan menerima masukan dari pelanggan. “Ketiga, mampu menjaga kepuasan pelanggan. Terakhir, membangun kepercayaan pelanggan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Soni Mongan memperkaya pembahasan mengenai tips membangun interaksi pelanggan via media sosial ditinjau dari perspektif etis digital. “Tiga etika dalam melakukan interaksi di media sosial:, Pertama, selalu berikan keterangan jelas dalam setiap produk Anda. Kedua, berikan kalimat provokatif tanpa SARA dalam promosi. Terakhir balas setiap komentar dengan kalimat positif dan santun,” ujar Soni.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Denisa Nur melengkapi pembahasan mengenai tips membangun interaksi pelanggan via media sosial ditinjau dari perspektif pilar aman digital. “Tiga hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat membangun interaksi dengan pelanggan melalui media sosial. Pertama, selalu menjaga kerahasiaan data konsumen. Kedua, selalu melakukan cek jika mendapatkan informasi pembayaran. Terakhir, selalu aktifkan fitur privasi dan tidak sembarangan menyebarkan data,” kata Denisa Nur.

Berita Lainnya:
Kesehatan Mental Remaja Memburuk Sejak 2012, Media Sosial Jadi Penyebabnya?


Dalam perjalanannya Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 yang lalu, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital.

ADVERTISEMENTS


“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas. Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar”, ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital beberapa waktu lalu, dilansir dari Antara.

ADVERTISEMENTS


 


sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi