Kamis, 02/05/2024 - 02:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

YLKI: Kualitas Pelayanan Hak Konsumen Perlu Ditingkatkan

ADVERTISEMENTS

Pandemi sangat pengaruh signifikan pada upaya perlindungan konsumen dan pelaku usaha.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Koordinator Pengaduan Hukum Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsi menyampaikan bahwa kualitas pelayanan hak konsumen perlu ditingkatkan, karena terjadi penurunan, terlebih saat pandemi Covid-19.”Ada kualitas pelayanan hak konsumen yang menurun, namun perlu ada pembenahan untuk lebih baik,” kata Sularsi di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Ia memaparkan, pandemi 2020-2021 sangat pengaruh signifikan pada upaya perlindungan konsumen dan pelaku usaha. Menurut Sularsi, ada beberapa kebijakan yang dibuat pemerintah namun tidak sesuai di lapangan karena tidak ada penjelasan rinci terkait petunjuk teknisnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tips Mudik Lewat Pelabuhan Merak-Bakauheni
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


“Juknisnya misalnya terkait kriteria konsumen yang diberikan restrukturisasi utang, itu tidak semuanya sehingga sering terjadi dispute,” ujar Sularsi.

ADVERTISEMENTS


Sementara itu, perilaku konsumen semasa pandemi Covid-19 juga mengalami perubahan yang signifikan, di mana terjadi peningkatan pada transaksi online.Untuk itu, Sularsi memandang hak informasi yang benar dan jelas dari pelaku usaha yang kadang masih terabaikan, perlu lebih ditingkatkan 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
PT PP Dukung Rencana Erick Optimalisasi Aset BUMN di Sekitar Monas


“Transparansi dan penjelasan dalam komunikasi merupakan hal yang sangat penting,” kata Sularsi.


Hal yang tidak kalah penting lainnya menurut Sularsi adalah peran pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan dasar konsumen khususnya pangan, energi, ketersediaan, keterjangkauan, kemudahan akses perlu memperhatikan kemampuan bayar masyarakat.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi