Kamis, 02/05/2024 - 15:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNETTEKNOLOGI

Urusan Keamanan Data Pengguna Belum Tuntas, CSO Global TikTok Mengundurkan Diri

ADVERTISEMENTS

CSO global TikTok mengundurkan diri dan beralih ke peran penasihat strategis.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Chief Security Officer (CSO) global TikTok akan mengundurkan diri dan beralih ke peran penasihat strategis. Perubahan tugas Roland Cloutier mengikuti kekhawatiran tentang bagaimana perusahaan menangani data pengguna Amerika Serikat (AS).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


TikTok belum lama ini mengakui karyawan di luar negeri dapat mengakses informasi tersebut meskipun kontrol dan otorisasi keamanan siber yang kuat dari tim keamanan AS diperlukan. Cloutier akan menjadi penasihat tentang dampak bisnis dari program keamanan dan kepercayaan TikTok.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Kepala risiko keamanan, vendor, dan jaminan klien TikTok, Kim Albarella, akan mengambil alih sebagai kepala tim keamanan perusahaan di seluruh dunia untuk sementara waktu. “Bagian dari pendekatan kami yang berkembang adalah untuk meminimalkan kekhawatiran tentang keamanan data pengguna di AS, termasuk pembuatan departemen baru untuk mengelola data pengguna AS untuk TikTok,” tulis CEO Shou Zi Chew kepada staf TikTok.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Kenapa TikTok Populer Sekaligus Diwaspadai di AS dan Eropa?


“Ini merupakan investasi penting dalam praktik perlindungan data kami dan mengubah ruang lingkup peran kepala petugas keamanan global. Dengan pemikiran ini, Roland telah memutuskan untuk mundur dari operasi sehari-harinya sebagai CSO global, mulai efektif 2 September,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Dikutip Engadget, Sabtu (16/7/2022), seorang juru bicara TikTok mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa Cloutier tidak mengawasi tim baru yang mengelola data pengguna AS. Selain itu, dia mengatakan kepergian Cloutier tidak terkait dengan kekhawatiran anggota parlemen atas keamanan data AS.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Fitur Khusus Taylor Swift Tersedia di TikTok, Apa yang Menarik?


Bulan lalu, BuzzFeed News melaporkan teknisi yang berbasis di China di perusahaan induk TikTok, ByteDance, mengakses data non-publik tentang pengguna TikTok AS pada beberapa kesempatan antara setidaknya September dan Januari lalu. TikTok mengatakan sekarang menyimpan semua data pengguna AS di server cloud Oracle dan sedang berupaya menghapus data pribadi tersebut dari servernya sendiri.


Dalam sebuah surat kepada sekelompok senator Partai Republik bulan ini, Chew menulis perusahaan tersebut berfokus untuk menghilangkan keraguan tentang keamanan data pengguna AS.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi