IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Sri Mulyani: Perubahan Iklim Ancam Keuangan Negara pada 2023

Menkeu Sri Mulyani telah memiliki cara antisipasi kemungkinan resesi global
Bagikan

Bagikan Artikel Ini

atau salin tautannya

Menkeu Sri Mulyani telah memiliki cara antisipasi kemungkinan resesi global

 JAKARTA — Pemerintah menyebut perubahan iklim akan memengaruhi keuangan negara dan kesejahteraan rakyat pada tahun depan. Hal ini mengingat ancaman resesi juga akan terjadi di dunia.


Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya memiliki dua senjata untuk mengantisipasi tantangan ekonomi global. Adapun langkah antisipasi ini diyakini mampu memperbaiki kemampuan analitik untuk merespons tantangan global.


“Selain itu juga terus berkolaborasi dan bersinergi guna mencari solusi dari berbagai tantangan,” ujarnya saat webinar Upacara Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke-76, Senin (31/10/2022).

BACA JUGA:
Dapat Restu OJK, BEI Siap Luncurkan Papan Ekonomi Baru pada 5 Desember


Menurutnya ancaman resesi akan menimbulkan dampak kenaikan harga kebutuhan sehari-hari termasuk makanan, pemutusan kerja, kenaikan harga pasokan energi, hingga naiknya angka kemiskinan.


“Kita telah diuji dengan tantangan, yaitu gejolak keuangan 1997-1998, gejolak naik turunnya harga komoditas, krisis global 2008-2009, sekarang kita diuji dengan pandemi, geopolitik, dan tantangan resesi global,” ucapnya.


Sri Mulyani menyebut ancaman resesi bukanlah tantangan mudah. Dia membandingkan resesi dengan macam-macam tantangan ekonomi yang pernah dihadapi oleh Indonesia dan dunia.


“Ini bukan sebuah tantangan yang mudah, polanya berubah,” ucapnya.

BACA JUGA:
Kementerian BUMN Luncurkan Buku Panduan AKHLAK Culture Journey


Menurutnya saat ini dunia geopolitik dan ekonomi global mengalami tekanan bertubi-tubi. Hal tersebut pasti akan memberikan imbas terhadap perekonomian Indonesia.


Ke depan pemerintah berupaya merespons tantangan tersebut. Hadirnya kebijakan fiskal dan keuangan negara yang adaptif, responsif, serta fleksibel menjadi kunci. 


Sri Mulyani pun meyakini Indonesia masih aman dari ancaman resesi pada 2023. Selain Indonesia, ada juga India, Brasil, dan Meksiko yang diklaim masih aman pada tahun depan.


“Negara emerging juga mengalami kondisi relatif tertekan. Meski dalam situasi saat ini, emerging country, seperti Indonesia, India, Brazil, Meksiko relatif dalam situasi yang cukup baik,” ucapnya.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
marah
Marah
0
waduh
Waduh
0
sakit
Sakit
Sri Mulyani: Perubahan Iklim Ancam Keuangan Negara pada 2023
Masuk Login

Log in or create an account now to take advantage of its privileges, and it's completely free!