Jumat, 26/04/2024 - 15:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Dokter: Penggunaan Nitrogen Cair tidak Higienis dapat Sebarkan Kuman

ADVERTISEMENTS

Nitrogen cair dapat menjadi media yang baik bagi kuman.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Konsultan nutrisi dan penyakit metabolik anak dr Titis Prawitasari SpA(K) mengatakan penggunaan nitrogen cair yang tidak higienis dapat meningkatkan kemungkinan penyebaran kuman dalam bekuan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Nitrogen cair dapat menjadi media yang baik bagi kuman. Berbagai kuman yang mungkin dapat tetap hidup dalam bekuan akibat nitrogen cair adalah bakteri, jamur, dan virus,” katanya, Kamis (12/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Selain itu, kata Titis, inhalasi atau hirupan nitrogen cair yang sudah terevaporasi berubah menjadi gas dalam udara ruang yang tertutup dapat mengakibatkan sesak napas, terlebih jika dalam ruangan sempit dan tertutup. Hal itu bisa menyebabkan kematian terutama apabila kandungan oksigen dalam udara ruang kurang dari 18 persen.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
5 Rekomendasi Standing Mixer Terbaik, Cocok untuk Buat Kue Lebaran!

Penggunaan nitrogen cair dalam industri makanan sudah banyak digunakan untuk proses pendinginan dan pembekuan secara cepat dan juga berguna untuk mempertahankan makanan agar tetap segar sesuai aslinya. Namun, saat ini beredar penggunaan nitrogen cair menjadi tren untuk digunakan sebelum makanan tersebut dikonsumsi, umumnya untuk memberikan sensasi berasap (smoke-like effects) dan culinary art yang dikhawatirkan tertelan dan dapat menyebabkan luka pada saluran cerna.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Apabila nitrogen cair ditambahkan dalam minuman atau dessert dapat menyebabkan rasa begah dan sakit hingga luka pada saluran cerna, bahkan terjadi robekan dan kerusakan jaringan saluran cerna yang dilewatinya,” kata dia.

Selain itu, nitrogen cair yang terkena kulit langsung dapat merusak mukosa jaringan bahkan dalam waktu beberapa detik, sehingga perlu penggunaan pelindung seperti sarung tangan bagi yang menggunakan nitrogen cair.

Berita Lainnya:
Jadi Makanan Khas Saat Idul Fitri, Dokter Sarankan Batasi Konsumsi Dodol Betawi

“Hal ini sangat membantu menghindari terjadinya kerusakan muka dan jaringan akibat bersentuhan langsung dengan nitrogen cair,” kata Titis.

Untuk menjamin keselamatan publik dan keamanan pangan bagi masyarakat, Titis mengatakan perlu perhatian lebih sebagai upaya mitigasi agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. “Oleh karena itu, perlupengetahuan tentang nitrogen cair dan peruntukannya serta kondisi apa saja yang dapat terjadi jika terjadi kontak langsung, tertelan atau terhirup, terutama dalam jumlah berlebihan,” ucapnya.

Ia berharap ada kebijakan terkait penggunaan nitrogen cair yang tepat serta edukasi kepada masyarakat awam terkait penggunaan nitrogen cair.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi