Sabtu, 27/04/2024 - 08:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Satu Tahun Perang, Belum Ada Tanda Konflik Ukraina akan Berakhir

ADVERTISEMENTS

KIEV — Perang Ukraina sudah memasuki tahun kedua. Tapi belum ada tanda-tanda konflik yang dilancarkan Rusia dan menewaskan puluhan ribu orang, meratakan kota-kota, memaksa jutaan orang lainnya mengungsi dan memicu krisis ekonomi dunia akan berakhir.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tepat satu tahun yang lalu Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan serangan skala besar ke negara tetangganya. Tujuan dari serangan itu merebut Ibukota Kiev dengan cepat dan mengguling pemerintah Uni Eropa. Tapi keinginannya tidak tercapai, perlawanan keras dan kesalahan militer memupuskan harapan itu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ukraina berhasil memukul mundur pasukan Rusia pada akhir 2022 untuk merebut kembali wilayah mereka yang sempat diduduki dalam perang yang Moskow sebut “operasi militer khusus.” Perang berlangsung sengit dan kedua belah pihak mengalami banyak kerugian. Satu tahun perang berjalan Rusia menguasai seperlima wilayah Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Putin mengirim sinyal untuk melipat gandakan konflik yang memicu Barat menerapkan sanksi lebih berat. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskky juga mempertahankan sikap kerasnya dalam setiap potensi perundingan, sehingga prospek perdamaian masih terlihat suram.

ADVERTISEMENTS

Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi yang menandai satu tahun perang Ukraina dan mendesak Moskow menarik mundur pasukannya dan menghentikan perang. Sebanyak 141 negara mendukung resolusi ini dan 32 negara abstain. Rusia didukung enam negara yang menolak resolusi tersebut, yakni Belarusia, Korea Utara, Eritrea, Mali, Nikaragua, dan Suriah.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Pesan Biden Sebelum Netanyahu Respons Serangan Iran

Cina abstain dalam pemungutan suara yang digelar satu hari setelah pejabat tinggi kebijakan luar negeri Partai Komunis Cina Wang Yi berkunjung ke Moskow. Dalam kunjungan itu Cina berjanji memperdalam hubungan dua negara.

Deputi Duta Besar Rusia untuk PBB Dmitry Polyanskiy menolak resolusi PBB yang menurutnya sebagai tindakan “tidak berguna.”

“Resolusi ini sinyal kuat dukungan tak tergoyahkan dunia pada Ukraina,” cicit Zelenskyy di Twitter.

Sementara lampu menara Eiffel di Paris menyala dengan warna bendera kuning biru Ukraina. Sekelompok orang membawa bendera Ukraina di London. Gedung-gedung Uni Eropa di Brussel juga menyalakan warna lampu yang serupa.

Sikap keras Rusia mencerminkan perang di Ukraina menjadi konflik terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II. Menteri Pertahanan Ukraina Sergey Shoigu menyebutnya sebagai perlawanan eksistensial melawan Barat.

“Menggunakan Ukraina, gerakan kolektif Barat berusaha memecah belah Rusia, merampas kemerdekaannya, upaya-upaya ini pasti gagal,” kata Shoigu.  

Ukraina dan sekutu-sekutunya yang dipimpin Amerika Serikat (AS) dan Eropa membantah argumen tersebut. Menurut mereka serangan Rusia merupakan invasi untuk merebut wilayah negara berdaulat yang mencoba melepaskan diri dari Moskow.

Berita Lainnya:
PBB: Diskriminasi Rasial di Inggris Meningkat

Gedung Putih mengatakan Presiden AS Joe Biden akan menggelar rapat virtual dengan negara-negara G7 dan Zelenskyy Jumat (24/2/2023) ini. Pertemuan itu untuk memperingati satu tahun perang di Ukraina. Ia juga mengumumkan sanksi baru bagi pihak-pihak yang mendukung Rusia dalam perang tersebut.

Sementara Eropa berusaha menghambat ekspor hidrokarbon Rusia, Moskow menemukan pembeli di Cina dan India. Sehingga dapat menghindari pukulan keras yang diakibatkan sanksi itu.

“Sistem pemerintahan dan ekonomi Rusia terbukti jauh lebih kuat dari yang diperkirakan Barat,” kata Putin pekan ini.

Pada Kamis (23/2/2023) kemarin Putin meningkatkan ketegangan dengan mengumumkan rencana untuk mengerahkan rudal balistik antar-benua multi hulu-ledak Sarmat tahun ini. Pada awal pekan ini ia menangguhkan partisipasi Rusia dalam perjanjian senjata nuklir New Start (Strategic Arms Reduction Treaty) dengan AS.

Beberapa bulan terakhir pertempuran di dalam dan sekitar Kota Bahkmut semakin sengit. Begitu pula di Kota Vuhledar di selatan Ukraina.

Sudah ratusan bahkan ribuan pasukan tewas di sana, meski pakar militer independen mempertanyakan nilai strategis lokasi pertempuran. Tapi kedua belah pihak tampaknya tidak ingin mundur dalam pertempuran di sana.

Di dekat tank-tank Ukraina yang di parkir di Bakmut, terdengar ledakan terus menerus.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi