Selasa, 30/04/2024 - 05:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gang Cue di Kota Bekasi Kebanjiran Sejak 2020, Ternyata Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENTS

Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, M Solikhin menjelaskan penyebab banjir di Gang Cue yang tak pernah surut.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

BEKASI — Permukiman Gang Cue di Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, selalu terendam banjir. Sejak 2020, wilayah itu terus tergenang dan air tak pernah surut. Hal itu terjadi akibat wilayah itu merupakan cekungan hingga meski sudah disedot menggunakan pompa, tidak lama air muncul lagi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Berdasar identifikasi Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, kontur tanah di kampung tersebut berbentuk seperti mangkok sehingga air sulit mengalir ke pembuangan. “Identifikasi sementara permasalahnya posisinya memang di cekungan,” kata Sekretaris DBMSDA Kota Bekasi, M Solikhin saat ditemui wartawan di lokasi, Selasa (7/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Serahkan Kesimpulan dan Alat Bukti Tambahan, KPU Yakin Sengketa Pilpres 2024 Ditolak MK
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ditambah lagi, kata dia, posisi pembuangan air jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tempat tersebut. Sehingga, air ketika air coba dibuang, wilayah tersebut kembali kedatangan air yang meresap dari tanah. “Wilayah itu posisinya di cekungan dan pembuangannya jauh lebih tinggi,” kata Solikhin.

ADVERTISEMENTS

Menurut Solikhin, ada sekitar delapan sampai 12 rumah yang terendam air sepanjang tahun. Kini, air sampai menghitam karena merendam tembok. Beberapa rumah sudah ditinggalkan pemiliknya karena sudah tidak layak ditempati.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Prakiraan Cuaca BMKG: Jakarta Cerah Berawan pada Sore dan Malam Hari

Dia pun menawarkan solusi sementara, yaitu menambah jumlah pompa air untuk cepat menyedot genangan di permukiman Gang Cue. Saat ini, baru tiga pompa yang disiagakan untuk mengeluarkan air yang menggenangi kawasan itu. “Rencananya kita pasang pompa lagi,” katanya.

Solikhin menjelaskan, tata kota Bekasi khususnya di Gang Cue sudah dari dulu berada terletak cekungan. Sehingga ketika air sudah menggenangi kawasan itu maka sulit mengalir ke tempat yang lebih rendah. “Sebenarnya tata kota Bekasi sudah begini, kita tidak menyalahkan siapa-siapa. Karena posisi di cekungan mau tidak mau kita kerahkan pompa,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi