Rabu, 24/07/2024 - 22:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Lailatul Qadar, Ini Ayat dan Hadits Nabi SAW tentang Malam yang Lebih Baik dari 1000 Bulan

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA— Kita telah sampai pada pengujung Ramadhan. Di momen ini, terdapat malam yang sungguh istimewa, yaitu Lailatul Qadar. Saking istimewanya, Alquran mengabadikan malam ini dalam satu surat khusus, surat ke-97, Al Qadr. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Alquran menyebut malam tersebut lebih baik dibanding 1000 bulan. Pasukan malaikat beserta Jibri berebut “turun” mengucap salam bagi hamba yang menghidupkannya sampai fajar menyingsing. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Namun, dalam Alquran, hanya sedikit petunjuk mengenai kapan terjadinya malam mulia Lailatul Qadar. Firman Allah SWT berikut: 

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ  “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada Lailatul Qadar.” (QS Al Qadr [97] ayat 1) 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Ayat di atas, mengenai kapan turunnya Alquran oleh ahli tafsir sering dihubungkan dengan ayat 185 surat Al Baqarah: 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ…

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS Al-Baqarah [2]: 185) 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Karena berdasarkan ayat-ayat Alquran di atas, bahwa Alquran Allah SWT turunkan di malam Lailatul Qadar dan di ayat lain Allah SWT jelaskan bahwa Alquran diturunkan pada Ramadhan, ulama menyimpulkan bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada Ramadhan. 

Berita Lainnya:
Hebatnya Ingatan Nabi Adam dan Penjelasan Sains tentang Hubungan Tanah dengan Otak Manusia

 

Bahkan, Fakhruddin al-Razy dalam kitab tafsirnya //Mafatihul Ghaib// mengutip pendapat sahabat Ibnu Umar yang menyatakan lailatul qadar mesti terjadi di bulan Ramadhan dan tidak mungkin terjadi pada bulan selain Ramadhan.  

Pertanyaannya kemudian, pada malam Ramadhan yang mana Lailatul Qadar tiba? Terkait itu, dapat kita lacak pada hadits-hadits Nabi SAW sebagai penjelas Alquran.  

Terdapat beberapa riwayat hadits mengenai kapan lailatul qadar tiba. Salah satunya riwayat yang menjelaskan secara umum bahwa Lailatul Qadar terjadi di antara 10 malam terakhir Ramadhan. 

 عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُجَاوِرُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ وَيَقُولُ تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ 

Dari ‘Aisyah, ia berkata, “Rasulullah ﷺ senantiasa beriktikaf pada sepuluh hari terakhir Ramadan dan beliau bersabda, ‘Raihlah malam Lailatul Qadar pada sepuluh hari terakhir.'” (HR Tirmidzi no 712) 

Baca juga: Yang Terjadi Terhadap Tentara Salib Saat Shalahuddin Taklukkan Yerusalem

Berita Lainnya:
Pendidikan Seks Islami, Seperti Apa?

Pada riwayat lain, dijelaskan lebih spesifik bahwa Lailatul Qadar tiba pada malam ganjil di sepuluh malam terakhir Ramadhan. Karenanya, banyak sekali spekulasi ulama mengenai kapan terjadinya malam Lailatul Qadar. 

Seperti dikutip oleh Yusuf al-Qaradlawi dalam Fiqhus Shiyam, Ibnu Hajar al-Asqalani sampai mengumpulkan 46 pendapat ulama tentang kapan tibanya malam Lailatul Qadar. 

Dengan bijak al-Qaradlawi berpendapat bahwa justru lebih baik malam lailatul qadar dirahasiakan. Agar kita semua tetap banyak beribadah di bulan Ramadhan dan lebih melipatgandakan kuantitas serta kualitasnya di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan seperti yang Nabi SAW. lakukan. (Lihat Fiqhus Shiyam hlm 32) 

Kesimpulannya, baik dalam Alquran maupun hadits Nabi, soal kapan malam Lailatul Qadar itu adalah misteri. Dalam hadits paling dinyatakan bahwa malam tersebut terjadi di 10 malam pengujung Ramadhan. Tepatnya di malam yang mana? Allah SWT dan Rasul-Nya lebih tahu. Kita hanya berusaha menggapainya dengan memperbanyak ibadah di 10 malam terakhir tersebut. Wallahu A’lam. 

Sumber: MUI

 

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

فَانطَلَقَا حَتَّىٰ إِذَا رَكِبَا فِي السَّفِينَةِ خَرَقَهَا ۖ قَالَ أَخَرَقْتَهَا لِتُغْرِقَ أَهْلَهَا لَقَدْ جِئْتَ شَيْئًا إِمْرًا الكهف [71] Listen
So they set out, until when they had embarked on the ship, al-Khidh r tore it open. [Moses] said, "Have you torn it open to drown its people? You have certainly done a grave thing." Al-Kahf ( The Cave ) [71] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi