Jumat, 26/04/2024 - 21:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Melonjak Pascadeklarasi

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis hasil survei terkait dengan elektabilitas tiga tokoh yang potensial menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Hasilnya menunjukkan, elektabilitas Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam simulasi tiga nama tertutup.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Dalam simulasi pilihan tertutup terhadap tiga nama, Ganjar mendapat dukungan terbanyak 39,2 persen, disusul Prabowo 32,1 persen, dan 19,7 persen. Yang belum tahu 8,9 persen,” ujar Direktur Riset SMRC, Deni Irvani Saiful, dalam rilis survei yang disiarkan secara daring, Jumat (12/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Deni menjelaskan, dalam rentang waktu dua tahun terakhir, yakni sejak Mei 2021 hingga Mei 2023, dukungan pada Ganjar naik dari 25,5 persen menjadi 39,2 persen. Sementara dukungan pada Prabowo cenderung stagnan dari 34,1 persen menjadi 32,1 persen dan Anies cenderung menurun dari 23,5 persen menjadi 19,7 persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pengamat: Hak Angket Hanya Sekadar Narasi yang Sulit Terjadi

Dia melihat kenaikan suara Ganjar dalam sebulan terakhir terkait dengan efek popularitas atau kedikenalannya yang juga meningkat. Dia menjelaskan, pada survei 3-11 April 2023, Ganjar baru dikenal 78 persen, sementara pada Mei 2023 angka tersebut meningkat menjadi 84 persen.

ADVERTISEMENTS

Di dua nama lainnya, tingkat kedikenalan Anies dan Prabowo tidak mengalami perubahan signifikan. Tingkat kedikenalan Anies dari yang sebelumnya 86 menjadi 87 persen dan Prabowo tetap 96 persen pada periode yang sama.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Populasi survei kali ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random 1.220 responden dengan metode multistage random sampling.

Lalu, responden yang dapat diwawancarai secara valid sebesar 1.020 atau 84 persen. Menurut dia, 1.020 responden itulah yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berita Lainnya:
LaNyalla: Sistem Demokrasi Liberal Merusak Kohesi Bangsa

 

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih. Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. Waktu wawancara lapangan 30 April – 7 Mei 2023.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi