Jumat, 31/05/2024 - 02:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Beda Pendapat tentang Basmalah dalam Surat Al Fatihah

JAKARTA — Saat sholat berjamaah terkadang ada imam yang membaca basmalah surat Al Fatihah secara pelan atau bahkan tidak membaca basmalah sama sekali. Ada juga imam yang saat membaca Al Fatihah lalu ia membaca basmalah secara jahar atau keras.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Sejatinya imam yang membaca basmalah secara pelan atau bahkan tak membacanya dan imam yang membaca basmalah dengan keras masing-masing memiliki sandaran argumentasi yang kuat berdasarkan keterangan para ulama fiqih. Artinya terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama berkaitan dengan basmalah yang terdapat pada permulaan surat Al Fatihah.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Pendapat pertama menyebut basmalah adalah ayat tersendiri bukan bagian dari surat Al Fatihah. Basmalah diturunkan Allah untuk jadi kepala masing-masing surat dalam Alquran, dan pembatas antara satu surat yang satu dengan surah yang lainnya. Sehingga pendapat pertama ini menyebut basmalah bukanlah satu ayat dari Al Fatihah atau dari surah yang lain, yang dimulai dengan basmalah itu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Baca Doa Qunut Bid'ah? ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Ini adalah pendapatnya Imam Malik beserta ahli qiraah dan fuqaha (ahli fikih) Medinah, Basrah dan Syam, dan juga pendapat Imam Abu Hanifah dan pengikut-pengikutnya. Sebab itu menurut Imam Abu Hanifah, Basmalah itu tidak dikeraskan membacanya dalam sholat, bahkan Imam Malik tidak membaca Basmalah sama sekali.

 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Besok Akhir Syawal dan Mengapa Bulan Setelahnya Dinamakan Dzulqadah?

Pendapat ini bersandar pada hadits nabi Muhammad SAW:

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: ḍصَلَّيْتُ خَلْفَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ فَكَانُوْا يَسْتَفْتِحُوْنَ بِالْحَمْدِ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ لَا يَذْكُرُوْنَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ فِي أَوَّلِ قِرَاءَةٍ وَلَا فِي آخِرِهَا». (رواه الشيخان واللفظ لمسلم)

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dari Anas bin Malik, dia berkata, “Saya sholat di belakang Nabi saw, Abu Bakar, Umar dan Usman. Mereka memulai dengan al-ḥamdulillahi rabbil ‘alamin, tidak menyebut Bismillahirrahmanirrahim di awal bacaan, dan tidak pula di akhirnya.”(Riwayat al-Bukhari dan Muslim).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
ADVERTISEMENTS

Pendapat kedua…

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi