Selasa, 30/04/2024 - 01:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Moskow Disebut Mediasi Pertukaran Tahanan Israel-Iran

ADVERTISEMENTS

MOSKOW — Rusia dikabarkan sedang memediasi Israel dan Iran terkait kesepakatan pertukaran tahanan menurut media Kan News yang mengutip surat kabar internasional berbahasa Arab, Asharq Al-Awsat. Kesepakatan ini akan menjamin pembebasan akademisi yang keturunan Israel-Rusia, Elizabeth Tsurkov, yang diculik di Irak, dengan imbalan pembebasan tahanan Iran, Yusuf Shahabazi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Milisi Syiah Hizbullah yang didukung Iran menyandera Tsurkov di Irak. Sementara Shahabazi yang warga Iran telah menjadi tahanan Israel karena mencoba melakukan serangan teroris terhadap warga Israel di Siprus. Laporan Kan News mengatakan sumber-sumber dalam milisi tersebut menyebut negosiasi sedang berlangsung untuk pembebasan Tsurkov yang akan ditukar dengan Shahabazi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pada akhir Juni lalu terungkap badan intelijen Israel, Mossad, telah menangkap Shahabazi, kepala regu pembunuh bayaran asal Iran yang berencana membunuh warga Israel di Siprus. Operasi tersebut berlangsung di tanah Iran dan menghasilkan penculikan Yusef Shahabazi Abbasalilu dan penggagalan rencana tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Presiden Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Konflik Iran-Israel
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Setelah Shahabazi ditangkap, negosiasi yang dimediasi Rusia dimulai antara Israel dan Iran. Negosiasi ini untuk pembebasan keduanya, dengan penukaran Tsurkov dengan Shahabazi. Tsurkov, 36 tahun, seorang kandidat doktor Universitas Princeton dan peneliti non-residen di lembaga pemikir Washington, New Lines Institute for Strategy and Policy, telah hilang selama empat bulan.

ADVERTISEMENTS

“Elizabeth Tsurkov masih hidup, dan kami meminta Irak bertanggung jawab atas keselamatan dan kesejahteraannya,” kata kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan pekan lalu, dilansir Jerusalem Post, Ahad (9/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Tokoh Muslim AS Boikot Iftar Gedung Putih Demi Tuntut Gencatan Senjata

“Masalah ini sedang ditangani oleh pihak-pihak terkait di Negara Israel karena keprihatinan atas keamanan Elizabeth Tsurkov,” tambah pernyataan tersebut.

Tsurkov telah berada di Irak, menggunakan paspor Rusia, untuk melakukan penelitian untuk meraih gelar doktor. Selama akhir pekan, media Arab mempublikasikan apa yang mereka klaim sebagai rekaman terakhir yang diketahui dari Tsurkov sebelum dia dilaporkan hilang.

Kata’ib Hizbullah, atau Brigade Hizbullah, adalah milisi Syi’ah yang disponsori oleh Iran yang beroperasi di Irak dan Suriah. Sebagai bagian dari Pasukan Mobilisasi Populer, kelompok ini telah melakukan banyak serangan terhadap pasukan AS dan koalisi di Irak, yang membuat Washington menetapkannya sebagai organisasi teroris asing pada tahun 2009.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi